expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Senin, 27 Januari 2014

AYAM PANIKI

widget



Hihihi. Lagi-lagi nyetor PR di saat-saat genting,mepet-mepet waktu :p. Maap,maappppp J

Tantangan Masbar kali ini adalah membuat Masakan Manado. Masakan Manado  nama dan rasanya sudah tidak asing lagi bagi kita masakan yang mempunyai ciri khas berbumbu ringan, aroma rempah daun dan rasanya yg pedas. Rasa pedas ini didapat dari cabai rawit burung yaitu cabe rawit berukuran pedas tapi menyengat. Bumbu pengharum masakan yang membangkitkan aroma tajam seperti serai ,daun jeruk, jahe, daun pandan dan kemangi dipakai dalam jumlah yg banyak dalam setiap masakan. Masakan Manado memang tidak asing lagi diantaranya, ayam masak belangga, cumi bunaken, sambel roa  dan masih dll juga dessert nya seperti Klapertart dan Es kacang merah. 

Sesuai keterangan meskipun temanya masakan manado tapi membuat dessert atau minuman juga boleh. Resep sudah ada di tangan dari awal pengumuman tapi masih bingung mau masak atau bikin kue. Pilihannya adalah Ayam Paniki atau Balapis. Bahan-bahan juga udah dibeli,tapi eksekusinya yang molorrrr dan ketika nengok kalender,watawwwww udah mau sudden death waktunya,hahahaha. Karena ina lagi suka-sukanya belajar masak jadi untuk tantangan ini ina bikin Ayam Paniki. Seperti cita rasa masakan Manado udah pasti rasanya pedeshhhhhh tapi gurih. Enak deh,hehehe. Di dalam bumbunya sudah ditambah dengan gula pasir jadi in syaa Allah rasa pedasnya sudah sedikit berkurang. Gula pasir diganti dengan madu juga enak tuh,jadi pas ayamnya dibakar jadi ada lapisan karamelnya. Resep ina dapat dari situ sajian sedap tapi sedikit ina modifikasi,dikittt aja. Yuk kita intip resepnya



AYAM PANIKI
By : Sajian Sedap, modified by Ina

Bahan-bahan :
1 ekor ayam, dipotong 8 bagian
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
1 1/2 sendok teh garam
2 sendok teh gula pasir
550 ml santan sedang dari ½ butir kelapa
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
12 siung bawang merah 
2 siung bawang putih
2 cm kunyit, bakar
8 buah cabai keriting
3 buah cabai rawit hijau
4 butir kemiri, disangrai
2 cm jahe 





Cara Pengolahan :


1.      Lumuri ayam dengan 1/2 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh air jeruk nipis. Diamkan 20 menit.
2.      Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
3.      Masukkan santan, garam, dan gula pasir. Masak sampai mendidih dan santannya berkurang sampai berminyak dan nyaris kering.
4.      Bakar ayam hingga kecoklatan. Siram dengan bumbu santan kental
5.      Sajikan hangat


Untuk 8 porsi








2 komentar: