expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Senin, 19 Agustus 2013

SOES PUTIH TELUR NAN GAGAL

widget



Soes Putih Telur Nan Gagal


(Haahhh.. Kue gagal koq diupload siy? Gak malu apa? Knapa musti malu,emang bikin kue gagal dosa apa?? malah dari upload ini biasanya byk masukan,meskipun masukannya bener tp yg bikinnya suka error teteup aja hslnya ancur,hahaha… Cuma pngen bilang ke seluruh dunia,terutama buat orang2 yg mengklaim bikin kue itu gampang,sambil merem juga bisa bikin kue sukses..Masa` siy? Ina yg melototin resep,ngikutin step2nya aja msh suka gagal tu.. Klo gak pernah bikin kue jgn asal ngomong deh,bikin kue gampang,tinggal ngikutin resep lgsg sukses di percobaan pertama :p… Jadi bikin kue susah? Ya gak juga siy,yg pasti hrs sering berlatih dan sering nanya ama teman2 yg udah ahli,yg udah lebih dulu terjun ke dunia pastry..)


Okey lahh kita kembali ke soes putih telur ini.. Jadiii ini adalah soes putih telur perdana dan langsung sukses gagalnya,hahaha.. Bikin ini gara2 nengok postingan Mbak Rachmah Setyawati dan cuma dgn putel aja bisa bikin sus,pas bgt di kulkas lg melimpah2nya putel yg ina sendiri bingung mau bikin apa… Dan masalah pun dimulai : yang adonannya keenceran lah (baru tau klo abis dikocok adonan hrs didiemin dlu baru dimasukin piping bag,udah telat Na :p),yg nempel di loyang lah (untungnya dilapisin kertas roti,ato jgn2 krn kertas roti malah soesnya jd lengket n_n),kuenya gak kopong juga,jd gimana mau diisi fillingnya,huhuhuu… Dan diantara smua kegagalan,ada satu yg sukses.. Rasanya.. Rasanya enakkk,gak eneg.. Buktinya silakan dilihat aja di fotonya,udah 8 biji masuk ke perut ina,kwkwkwkw…Mbak R,plis help meeeee *ina yg sedang mendekam di kamar sambil makan soes gagal


Ohya ini resepnya ya :
Bahan membuat kulit sus :
70 gr tepung terigu, protein sedang/tinggi *ina 50:50
8 gr susu bubuk full cream *ina 1 sdt
sedikit baking powder (tidak suka bisa diskip) *ina skip

125 ml air
50 gr butter - orchid
sedikit saja garam (tdk suka bisa skip)
1/2 sdt gula pasir *tambahan dari ina

120 gr putih telur

Cara Membuat :
1. Didihkan air, garam dan butter, kecilkan api, lalu masukkan bahan kering/tepung terigu, susu bubuk dan baking powder yg sudah diayak, aduk2 merata hingga adonan kalis. Matikan api kompor, biarkan adonan hilang uap panasnya.
2. Baru kemudian masukkan putih telur, kocok hingga merata pada adonan sus. Hingga terbentuk adonan yg kental. Matikan mixer, diamkan sejenak. (didiambkan yaaaa,sekitar 10-15 menit,klo langsung disemprot adonannya encer n_n)
3. Aduk2 adonan sus, siapkan pipping bag, masukkan kedalamnya, spuit ke dalam loyang bersemir butter , bentuk spuit sesuai selera.
4. Panggang dengan api sekitar 175 derajat celcius, hingga kurang lebih 25-35 menit/hingga mengembang sedikit dan matang kecoklatan.

** NOTE : HASIL AKHIR SAAT DIPANGGANG, ADONAN TIDAK AKAN MENGEMBANG TINGGI SEKALI SEPERT KUE SUS YANG MEMAKAI KUNING TELUR. ADONAN INI AKAN CUKUP MENGEMBANG SEDIKIT SAJA, TP MATANG DI DLAMNYA.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar