expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Minggu, 24 Februari 2013

LBT#22 HOMEMADE PUFF PASTRY : ZUPPA SOUP

widget
LBT#22 ZUPPA SOUP 

ID. 123 MOULINA FAJRIN ISRA







Hosh….Hosh….Hoshhh…Alhamdulillah akhirnya bisa mencicipi puff pastry bikinan sendiri …Percobaan pertama dan hasilnya langsung berhasil,berhasil,berhasil….Layernya kelihatan,duhhhh syenengnyaaaa ^o^….Gak sia2 perjuangan dua hari menggilas adonan puff pastry :p,badan remuk redam,(nyaris) cedera bahu,pinggang encok,pegel linu dan kaki kram ,telapak tangan juga biru2 krn terlalu smangat ngegilas adonan,huhuhu…..

Waktu tema peer bulan ini diposting,ina langsung lemessss….Seumur2 gak pernah bikin puff pastry (yg bener),gak kuat ngulenin dan gak kuat ngegilas2 adonan >_<…..Duluuuu pernah ntn liputan ttg pembuatan puff pastry di salah satu stasiun tv swasta,dannnn ampun deh bikinnya koq lama bener ya,gilas sini gilas sana,huwaaaaaa gak yakin skali bikin lgsg berhasil….Ternyataaaaa bikin puff pastry gak sesusah bikin bolgul,heeee….Tapi yaaa emang harus sabar dan telaten ngerjainnya….Yang lama itu di bagian gilas dan bolak balik masukin ke kulkas,jadi emng paling bgs bikin puff pastry itu pagi jadi siang udah siap …..

Untuk resep ina ambil dari bukunya Bu Sisca Soewitomo (100 Resep Cake & Kue),punya bukunya siy udh lama tp gak prnh dipraktekin,hehehe….Resepnya mantap deh,skali bikin lgsg berhasil,layernya bgs,teksturnya juga renyah…Makasi buat Mbak Fifi Fitriyanto & Bunda Nina Agustina utk inspirasinya (horeeee,akhirnya “Bu Sisca” bisa keluar dari tempat persembunyiannya di lemari,wekekekekkk)….Membuat puff pastry dengan pastry margarine emng resiko gagalnya lbh kecil dibandingkan dengan yang menggunakan full butter krn adonannya lebih kokoh dan tahan di suhu ruang,mo digilas gimana pun gak akan bocor,tapiiiii untuk rasa yg full butter emng jauhhhh lebih enak …. Ohya,adonan ini agak alot ya, jadi klo yg tangannya gak terlalu kuat bisa dibuat setengah resep ato bisa juga bikin satu resep tapi nguleninnya ada tenaga pengulen gratisan,kwkwkwkw (makasi ma udh bantuin adek ngulenin puff pastry )….Cara pembuatan puff pastry ina intip di blognya Mbak Ine di sini http://elkaje.multiply.com/journal/item/353/Step-by-Step-Puff-Pastry?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem
..... Dari satu adonan ina bikin ananas puff pastry (puff pastry dengan selai nanas),ada yang ina taburin keju (yang ini gak sempat ke foto,udh habis dimakanin) dan zuppa soup (gara2 ntn makan besar,ina jadi pngen mkn chicken cream soup lagi,hihihi)…Puff pastry ini paling enak dinikmati ketika masih hangat ^^


Puff Pastry
By : Sisca Soewitomo,modified by me

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdm susu bubuk full cream

½ sdt garam

1 butir telur
200 ml air
50 gr margarine

200 gr pastry margarine (ina pake merk pilot)

Cara membuat :
1. Aduk tepung,susu bubuk,garam,telur dan air. Aduk hingga tercampur rata
2. Masukkan margarine,uleni hingga kalis
3. Istirahatkan adonan selama 30 menit.
4. Tipiskan adonan, kira2 kurang dari 1 cm, berbentuk segi empat, letakkan pastry margarine di tengahnya
5. Bungkus pastry margarine dengan adonan hingga rapat,seperti bentuk amplop
6. Tipiskan adonan hingga setebal lebih kurang 7 mm, bayangkan bidang ini di bagi tiga bagian, satu bagian di lipat ke tengah,sisi yang lain juga di lipat ketengah. Lipatan ini di sebut lipatan tunggal.
7. Istirahatkan adonan dalam lemari es selama 20 menit ( Bungkus dengan kertas roti). Ulangi hingga 3 kali
8. Keluarkan adonan dari lemari es,tipiskan lagi. Buat lipatan satu-dua. Bungkus dengan plastic wrap.
9. Simpan di dalam lemari es selama semalam.
10. Bentuk sesuai selera

CHICKEN CREAM SOUP
by : NCC,modified by me

Bahan :
125 gr margarine + mentega
100 gr bawang Bombay,iris
1 buah dada ayam,blender
100 gr tepung terigu
1,5 lt kaldu ayam (dari rebusan 2lt air & tulang ayam )
200 ml susu evaporated
200 ml susu cair UHT
5 buah jagung (sebagian diblender,sebagian lagi ditumbuk hingga berair)
150 gr jamur kaleng,potong sesuai selera
Garam
Merica bubuk

Cara membuat :
1. Lelehkan margarine dan mentega,masukkan bawang bombay. Tumis hingga harum
2. Tambahkan ayam,tumis hingga berubah warna
3. Masukkan tepung,aduk rata
4. Tuang kaldu,susu dan jagung yang diblender. masak hingga mendidih
5. Masukkan jagung yang ditumbuk dan jamur. Taburi garam dan merica,aduk hingga mendidih


Penyelesaian :
1. Diamkan adonan puff pastry yang telah disimpan semalaman di suhu ruang selama 2 jam hingga lunak
2. Taburi meja dengan sedikit terigu. Tipiskan adonan kira-kira 5 mm,potong agak lebih besar dari ukuran mangkuk sup
3. Tuang sup ke dalam mangkuk hingga setengah bagian,tutup dengan adonan puff pastry sambil ditekan-tekan hingga lengket di bibir mangkuk
4. Olesi dengan kuning telur,taburi dengan keju parut dan oregano bubuk
5. Panggang dengan suhu 200ᵒC hingga kecoklatan
6. Angkat. Sajikan hangat

Nb : Ina tuang supnya agak banyak jadi supnya ada yang tumpah dikitttt dan bikin puff pastry nya kurang mumbul,hiksss… Tapi rasanya tetap enak koq




1 komentar: