expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Selasa, 10 Desember 2013

LBT#28 CAKE IN JAR : OREO CREAM CAKE

widget


123-Moulina Fajrin Isra




Cake in jar bisa diartikan sebagai cake yang dikemas di toples kecil. Inovasi cake in jar sebenarnya sudah dimulai sekitar tahun 2011 dan masih banyak diminati hingga saat ini. Cake ini disajikan dalam toples-toples kecil yang lucu sehingga menjadi sangat menarik. Untuk menikmati cake in jar, kita tidak memerlukan lagi pisau untuk memotong cake dan juga piring kue karena kreasi cake in jar bisa langsung dinikmati dari toples kemasannya.

Terdapat dua cara untuk membuat cake in jar. Pertama, bisa membuat adonan kue dan memanggangnya terlebih dahulu, lalu dipotong sesuai bentuk stoples dan disusun bersama beberapa lapisan krim atau tambahan lainnya. Yang kedua dengan cara menuangkan adonan kue ke dalam toples lalu dipanggang. Cake yang bisa digunakan sebagai cake in jar contohnya adalah rainbow cake, black forest, ombre cake, red velvet cake, tiramisu, carrot cake, cheese cake dan lain sebagainya. Untuk krim atau fillingnya bisa memakai buttercream, whipcream, ganache, cream cheese frosting dan lain sebagainya disesuaikan dengan base cake yang dipakai dan tentunya dengan selera masing-masing.

Kemasan yang digunakan biasanya adalah mason jar, toples kaca dengan tutup botol ulir yang diputar. Jenis jar ini biasanya digunakan untuk mengawetkan atau menyimpan acar atau selai. Kita bisa memanfaatkan yang kita punya di rumah, misalnya botol bekas selai, gelas bening atau bahkan cup mika.

Untuk PR kali ini ina memberdayakan botol selai punya kakak ipar,duhhh syeneng deh punya kk ipar hobinya sama,ngumpulin botol bekas,qiqiqi.. Dan hasilnya yaaa cuma 2 botol ini :p.. Kebetulan baru beberapa hari yang lalu bikin cake,jadi ketika harus bikin cake lagi utk pr ina maunya bikin cake jenis & cream yang berbeda,tapi apa daya carrot cakenya basahhh kebanyakan wortel sepertinya,krimciznya juga gak ada,ya sudahlahhh bikin cake yang udah sering dibikin aja,sponge cake utk basecake TCCCnya Teh Uceu yang udah kesohor itu,tapi ina hanya bikin 2/5 resep aja jadi cukup utk 1 loyang 20x20x4 cm,dihias dengan oreo cream terbuat dari whipped cream ditambah oreo bubuk.. Seadanya aja deh,mau dimacem2in juga gak pinter n_n.. Ini cake in jarnya baruuuu aja siap,langsung difoto2,klo nyetor pas tanggal 11 biasa diikutsertakan dalam polling reward,meskipun yakin gak bakalan dapat,fotonya aja kayak gitu :p.. Gak perlu berlama2 ini dia resepnya ya :


Sponge Cake Coklat
By : Uceu

Bahan :
10 butir telur
150 gr gula pasir
1 sdm emulsifier *ina skip
140 gr tepung terigu
60 gr coklat bubuk
75 gr DCC
100 gr margarine,lelehkan
(ina hanya membuat 2/5 resep saja)

Cara membuat :
1.      Panaskan margarine sampai mencair,masukkan DCC,aduk rata. Dinginkan
2.      Kocok telur dan gula pasir hingga putih mengembang
3.      Masukkan terigu dan coklat bubuk (ina kocok dengan speed rendah)
4.      Masukkan campuran margarine,aduk rata
5.      Tuang ke dalam loyang beralaskan kertas roti
6.      Panggang dengan suhu 200ÂșC hingga matang
7.      Angkat dan dinginkan

Oreo Cream : kocok whipped cream tambahkan oreo bubuk,kocok rata

Penyelesaian :
1.      Potong cake seukuran botol. Masukkan ke dalam botol
2.      Perciki dengan simple sirup
3.      Olesi dengan oreo cream. Tutup lagi dengan potongan cake,lakukan hingga 3 lapis
4.      Hias sesuai selera





Tidak ada komentar:

Posting Komentar