expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Senin, 30 Juni 2014

BITTERBALLEN KENTANG

widget



Ketika yang lain berbuka dengan yang manis, kami sekeluarga bahkan kakak2 ipar adalah pecinta gorengan. Jadi klo semua pada ngumpul untuk berbuka puasa bareng pasti yang habis duluan itu gorengan,hehehe. Kemarin pas lagi suntuk, bongkar-bongkar lemari yang isinya tabloid resep semuanya, cari yang edisi puasa-lebaran. Buka-buka tabloidnya sebenarnya untuk nyari menu bukaan yang manis tapi dasar pecinta gorengan ehhh yang dipengenin teteuppp gorengan juga. Baca resepnya, sebagian ada di rumah dan rencananya mau dieksekusi tapi besok (hari ini) dan makin semangat bikinnya gara-gara semalam si kakak pulang kerja sambil bawa bukaan karena pulangnya udah sore, semua yang dibeli kue-kue yang manis karena yang gorengannya udah habis dannnn pas berbuka cuma dikit yang nyentuh kuenya. We want gorengan, we want gorengan,kwkwkwkw. Yo wiss akhirnya hari ini bikin bitterballen mumpung masih minggu tenang, belum mulai proyek bikin kukisnya J. Rasanya belum tau ya, kan bukanya masih lama. Adonannya agak lengket ya, jadi pas mau dibentuk bisa dengan bantuan plastic atau kalau punya scoop ice cream ukuran kecil juga bisa digunakan ya. Untuk isian terserahhhh seadanya di rumah aja. Dengan resep segini hasilnya juga udah banyak koq. Bisalahh disetok untuk dua hari,hehehe



BITTERBALLEN KENTANG
Source : Tabloid Saji, modified by Ina

Bahan :
350 gr kentang (berat kotor)
3 sdm margarine
1 siung bawang merah, iris halus
1 siung bawang putih, iris halus
3 sdm daging burger
2 buah wortel, parut kasar
25 gr tepung terigu
200 ml susu cair
30 gr keju parut
Seledri, iris halus
Garam
Merica bubuk
2 sdm susu bubuk

Tepung panir (tambah dengan sedikit garam)
Putih telur, kocok lepas

Cara membuat :
1.      Kupas kentang. Potong-potong dadu. Kukus hingga matang. Goreng sebentar hingga kadar airnya berkurang. Haluskan
2.      Panaskan wajan, masukkan margarine. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum
3.      Tambahkan daging burger, tumis hingga berubah warna
4.      Masukkan wortel, aduk hingga agak layu
5.      Masukkan terigu, aduk hingga berbutir-butir. Tambahkan susu cair, aduk hingga tercampur rata
6.      Masukkan kentang, keju, seledri, garam dan merica bubuk. Aduk hingga rata
7.      Matikan api dan masukkan susu bubuk, aduk rata
8.      Angkat dan dinginkan
9.      Ambil sedikit adonan,bentuk bulat. Gulingkan ke tepung panir, kocokan putih telur dan gulingkan kembali ke dalam tepung panir
10.  Goreng dengan minyak banyak dan api sedang hingga kecoklatan




Kamis, 26 Juni 2014

PUDING SANTAN GULA MERAH

widget



Puding gula merah? Lagiiii? Hihih. Masih penasaran siy n_n.  ini percobaan menaklukkan pudding gulmer yang ke-3. Yang pertama kan jadinya pudding pecah belah tuuu, yang kedua jadinya agak keras nahhhh yang ketiga ini teksturnya udah seperti yang ina mau. Tapiiii tampilannya gak banget. Pudingnya jadi dua lapis, santan dan gula merahnya masih berpisah dan santannya sepertinya agak pecah padahal ngaduknya konstan dan mendidih yang pertama kali langsung dimatiin. Beda banget ama punyanya Mbak Ricke,huwaaa huwaaa L. Ya sudahlahhhh harus ikhlas nerima pudding dengan tampilan seperti ini,hehehe. Bercermin dari kegagalan yang pertama, jadi santan yang diperas harus benar-benar kental, telur yang dipakai yang berukuran sedang saja, kalau ukuran besar pakai sebutir saja dan tentu saja larutan pudingnya haru sbenar-benar mendidih baru diangkat.

Resepnya plek ketiplek dengan resep Puding Santan Gula Merahnya Mbak Ricke cuma takaran gula merahnya ina kurangin sedikit. Ini resepnya ya




PUDING SANTAN GULA MERAH
Modified dikit by Ina

Bahan :
275 gr gula merah, sisir halus
100 ml air
800 ml santan kental (dari satu buah kelapa)
Sedikit garam
1 bungkus agar-agar putih
2 butir telur, kocok lepas
Sedikit vanili bubuk (ina pakai vanilla susu l`arome)
4 lembar daun pandan, sobek-sobek, simpulkan

Cara membuat :
1.      Masak gula merah dan air sampai gula larut. Saring
2.      Tuang santan ke dalam panci. Tambahkan garam dan larutan gula merah. Aduk rata
3.      Tambahkan agar-agar bubuk dan vanili bubuk, aduk rata
4.      Masukkan kocokan telur sambil disaring, aduk rata
5.      Tambahkan daun pandan
6.      Masak dengan api kecil sambil diaduk konstan dan searah
7.      Matikan api ketika mendidih pertama kali
8.      Angkat dan tuang ke dalam cetakan agar-agar yang sudah dibasahi dengan air sambil disaring
9.      Buang bagian yang berbusa
10.  Hilangkan uap panasnya, simpan di dalam kulkas




NB :
-          Gunakan telur yang masih fresh (putih telurnya masih kental dan kuning telurnya tidak pecah) dan berukukuran sedang
-          Katanyaaa ketika diangkat, larutan pudding ini harus diaduk terus sampai uapnya berkurang baru dituang ke dalam cetakan utk menghindari pudingnya menjadi dua lapis. Mungkin percobaan selanjutnya harus dicoba biar pudingnya tetap selapis



Selasa, 24 Juni 2014

PUDING KENTANG GULA MERAH

widget



Masih ingat dengan pudding kentang gulmer yang ina bikin beberapa hari yang lalu? Yang pudding pecah belah dan becek itu? Hihihi. Gak ada fotonya? Ya iyalahhhh. Karena saking parahnya mau didokumentasikan pun ina udah gak sanggup. Sakitnya itu disiniiii (sambil pegang jantung :p). karena penasaran kemarin ina bikin lagi. Tapi kali ini ngikutin resepnya Mbak Hesti. Jadi untuk pudding gulmernya hanya ¾ resep aslinya. Pudingnya siy oke, maksudnya beku & set tapi untuk rasa ina lebih suka yang versi full yang kemarin ina bikin. Mungkin kalau ukurannya bener dan ngaduk pudingnya sampai benar2 mendidih hasilnya pasti bakalan set juga tapi lebih lembut. Yang ini bagus untuk dipotong siy. Atauuu bisa dengan ¾ resep tapiii agar-agar bubuknya jangan sebungkus, dikurangin dikitttt aja biar lembut. Tapi balik ke masing-masing juga. Yang pasti rasanya enak, pudding kentangnya lembut dan manisnya pas. Takaran gula seperti biasa selalu ina kurangin dari resep aslinya. Resep aslinya bisa diintip disini, disini atau disini ya. Ohyaaaa pudding ini khusus ina dedikasikan utk abang tercinta yang berulang tahun ke-33 hari ini. Berhubung orangnya masih liburan di Banda Aceh, acara potong kue dan makan2nya diwakili aja dulu,hahaha. Eid milad abang. Barakallah fii umrik. Cepat pulang sebelum kuenya kami abisin J



PUDING KENTANG
Modified by Ina

Bahan :
350 gr kentang (berat kotor)
130 ml susu kental manis (SKM)
150 ml air
1,5 sdm margarine, lelehkan
1 butir telur
2 butir kuning telur
160 gr gula pasir
½ sdt vanilla susu
25 gr terigu
25 gr maizena




Cara membuat :
Kupas kentang, potong-potong lalu kukus hingga lunak. Haluskan
Campur skm dan air hingga rata
Kocok telur, gula pasir dan vanilla susu hingga mengembang dan putih
Masukkan kentang, campuran skm dan margarine. Kocok rata
Masukkan tepung, kocok hingga tercampur rata
Tuang adonan ke dalam loyang diameter 22 cm yang sudah diolesi margarine dan dialasi kertas roti
Kukus dengan api sedang selama ±30 menit hingga matang
Angkat dan dinginkan

  
PUDING GULA MERAH
Modified by Ina

Bahan :
210 gr gula merah, sisir halus
75 ml air
600 ml santan kental (dari 1 buah kelapa)
Garam
1 bungkus agar-agar warna putih
1 butir telur, kocok lepas
¼ sdt vanilla susu
3 lembar daun pandan, sobek-sobek lalu ikat

Cara membuat :
Campur gula merah dan air, masak hingga gula merah larut.
Tuang santan ke dalam panci
Tambahkan larutan gula merah sambil disaring
Tambahkan garam dan vanilla susu, aduk rata
Masukkan kocokan telur sambil disaring
Masukkan daun pandan
Masak dengan api kecil sambil diaduk perlahan dan konstan (ina pakai whisker)
Aduk hingga mendidih pertama kali lalu angkat
Tuang ke atas pudding kentang perlahan-lahan sambil disaring. Buang bagian yang berbuih
Hilangkan uap panasnya
Simpan di dalam kulkas hingga beku





Hasilnya siy udah lebih bagus dari yang pertama tapi masih belum puas, masih agak terpisah dikit bagian pudding gula merahnya, belum benar2 selapis. Kemarin pas ngaduk pudding gulmernya sambil dengerin lagu, jadinya kurang focus ama adonannya ehhh tiba2 udah mendidih aja,hihih. Tapi untuk kue ulang tahun udah bagus kali lah ini,kwkwkwkw



Kamis, 19 Juni 2014

SALAD AYAM BAKAR

widget


  
Menurut Wikipedia : Salad adalah jenis makanan yang terdiri dari campuran sayur-sayuran dan bahan-bahan makanan siap santap. Salad didefinisikan oleh The Dictionary of American Food and Drink, sebagai makanan yang berupa sayur-sayuran hijau yang disiram dengan berbagai bumbu dan saus, kemudian ditambahkan dengan sayuran atau buah-buahan lain.

Tantangan untuk Masbar kali ini adalah salad. Dan pas hari terakhir baru ina setor karena baru dapat inspirasi semalam pas lagi nonton pertandingan Kolombia vs Pantai Gading :p. Karena pertandingannya ngebosenin jadi browsing2 resep salad yang mudah, bahannya gak perlu beli dan bisa memberdayakan ayam bakar yang ina bikin kemarin. Masih ingat kan ayam bakar sambal tomat yang kemarin? Hahhhh,gak ingat n_n. ya sudahhh nanti ina ingatkan lagi,hahaha. Ayam klo udah dibakar trus bersisa pasti bakalan keras kan, udah keras udah pasti gak ada yang mau sentuh padahal bikinnya capek dan makan waktu. Nyari-nyari resep ehhh ketemulah resep yang dari judulnya langsung klop ama ini, karena kata judulnya cuma butuh 20 menit untuk membuat salad. Intip2 resepnya hampir semua ada kecuali sayur lettuce atau apa gitu (lupaaa ;p). dan kata yang empunya blog (Mbak Endang), saladnya enak. Udah gampang, enak lagi, demen banget dah si ina yang beginian,kwkwkwkw. Untuk pengganti lettuce ina pakai roti gandum yang ina bikin jadi crouton dan voilaaa rasanya emang enak. Padahal biasanya klo makan salad disiram dengan saus thousand island atau mayonnaise, ini cuma pakai campuran minyak, bawang2an dan air jeruk nipis. Rasanya “ringan” di mulut, gak terasa nyaris semangkuk ina makan,hihihi. Resepnya ina ambil dari sini 



SALAD AYAM BAKAR
Modified by Ina

Bahan :
1 buah wortel, parut kasar
1 buah kentang ukuran besar
2 lembar roti gandum
2 potong ayam bakar, suwir-suwir (ina pakai satu buah paha dan satu buah dada)




Bahan siraman (dressing) :
50 ml minyak (bisa minyak sayur atau minyak zaitun)
2 siung bawang merah, cacah halus
1 siung bawang putih, cacah halus
1 sdm air jeruk nipis/jeruk lemon
½ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
(campur dan aduk hingga rata)



Cara membuat :
1.      Potong-potong kentang lalu rebus hingga setengah matang
2.      Angkat dan tiriskan
3.      Panaskan wajan datar, beri 1 sdm minyak lalu goreng kentang hingga kering dan kecoklatan
4.      Potong-potong dadu roti gandum. Bakar di dalam oven dengan suhu 150ÂșC selama 20 menit hingga kering
5.      Siapkan mangkuk, beri wortel, kentang dan crouton. Aduk rata. tambahkan ayam suwir lalu siram dengan dressing
6.      Sajikan segera
  


Challenge #5 YKMK 2014 : AYAM BAKAR SAMBAL TOMAT (COCONUT)

widget



Akhirnyaaaa, bisa nyetor tantangan di sisa waktu ini :p. Tanpa bermaksud menunda tapi memang terlalu banyak yang mau dibuat jadinya ya gini, waktunya tersita karena kebanyakan mikir,hahaha. Untuk tantangan kali ini temanya Coconut, jadi segala kreasi makanan dan minuman harus berbahan dasar utama Kelapa. Dan tentunya segala produk dari kelapa boleh dari daging kelapa, air kelapa, minyak kelapa, santan, dan lain sebagainya.

Waktu pengumuman tantangan ini langsung nyari2 resep yang belum pernah dibuat, dan hasilnya banyakkkk banget. Yang pengen bikin pukis lahhh, kembang goyang lahhh, cookies juga. Hufffttt. Trus beberapa hari lalu nengok postingan Mbak Hesti yaitu Puding Kentang Gula Merah, yang menggunakan salah satu dari coconut. Beli bahan trus nguprek di dapur dan hasilnya pudingnya gak set,huuhuhuh. Pas dibongkar pudingnya hancur berantakan,hiksss. Udah pengen nangis ajaaa, karena bikinnya udah capek mana rencananya mau disetor untuk tantangan ini ehhh hasilnya gak sesuai harapan. Padahal pas dicicip rasanya enak bangetttt, tapi penampilannya gak layak untuk disetor,hehehe.

Dan setelah meditasi (ciehhhh) akhirnya ina memutuskan untuk masak aja deh, yang risiko kegagalannya lebih sedikit, ya paling-paling klo gak keasinan, kepedesan, hangus atau gak enak (ehhh, risikonya banyak itu,hihihi). Browsing dan dapatlah beberapa resep ayam bakar. Yang menarik adalah klo biasanya bikin ayam bakar, untuk ungkepannya ina pake santan kali ini pake air kelapa. Air kelapanya titip ama tukang sayur,hihihi. Dan karena rumah kami di blok belakang telatlah air kelapa ini diantar. Klo ayam siy tinggal telp Pak Wagimin aja,hahaha. Baru mulai ngungkep sekitar jam 11, apinya pake yang gede aja biar airnya cepat nyusut,hehehe. Sembari nunggu airnya nyusut, bikin bumbu olesan dan sambal tomatnya. alhamdulillah bisa makan siang dengan ayam bakar ini dan rasanya enakkkk, gurih dan pedasssss. Duhhhh, bibirnya masih teras pedes aja niy,hihihi.

Resep ina ambil dari blognya Mbak Anne dan ina modif dikit aja disesuaikan dengan ukuran ayam yang ina pesan. Klo Mbak Anne pake ayam muda (800 gr) ina pake yang agak tua (1,4 kg), jadi ukurannya lebih besar dan butuh bumbu dan air ungkepannya lebih banyak. Untuk sambal tomatnya, terasi ina skip karena tubuhnya gak toleran dengan seafood padahal pengen bgt makan terasi,huhuhuh. Ohya, karena ayam bakar ina jadinya pedesss nyaris pake banget jadi judulnya ina ganti dari Ayam Bakar Pedas Manis jadi Ayam Bakar Sambal Tomat. Ayam bakar ini tanpa sambal juga udah enak koq, dikasi olesan yang banyak,hmmmm yummy J. Oke deh ini resepnya ya



AYAM BAKAR SAMBAL TOMAT
Source : Buku Jajanan Jakarta (Primarasa), modified by Ina

Bahan :
1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian

13 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdt merica bubuk (putih dan hitam)
2 sdt garam
7 sdt minyak ayam
(haluskan)

2 lembar daun salam
2 batang serai, digeprek
600 ml air kelapa

Cara membuat :
1.      Lumuri ayam dengan bumbu halus. Diamkan minimal 30 menit
2.      Tuang ayam ke dalam wajan, tambahkan daun salam, serai dan air kelapa.
3.      Masak hingga airnya menyusut dan ayam menjadi empuk



Bumbu olesan :
2 sdm minyak goreng

50 gr cabai merah keriting
3 siung bawang putih
½ sdt garam

2 sdm gula merah, sisir halus
1 sdm kecap manis
150 ml air

Cara membuat :
1.      Haluskan cabai merah, bawang putih dan garam
2.      Panaskan minyak dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
3.      Masukkan gula merah, kecap manis dan air
4.      Masak hingga bumbu matang dan mengental




Sambal Tomat :
2 sdm minyak goreng
8 buah cabai merah keriting, potong-potong
4 buah cabai rawit
4 siung bawang merah
1 buah tomat, potong-potong
1 sdt garam
2 sdt gula merah, sisir halus

Cara membuat :
1.      Panaskan minyak dalam wajan.
2.      Masukkan cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan tomat
3.      Tumis hingga matang dan tomat lunak. Angkat
4.      Haluskan dengan bantuan cobek, tambahkan garam dan gula merah. Aduk hingga rata

Penyelesaian :
1.      Panaskan pemanggang di atas kompor. Beri sedikit minyak
2.      Bakar ayam sambil diolesi dengan bumbu olesan di kedua sisinya, hingga bumbu harum dan berwarna kecoklatan. Angkat
3.      Sajikan ayam bakar dengan sambal tomat dan nasi hangat





Selasa, 17 Juni 2014

PUDING KENTANG GULA MERAH (GAGAL)

widget

Niat hati mau disetor untuk pr salah satu grup yang temanya all about coconut. Dalam resep ini ina menggunakan santan. Dannnn terjadilah tragedy itu. Pudding di bagian atasnya gak mau beku sodara2. Usut punya usut sepertinya santan yang ina gunakan terlalu encer sedangkan di resep menggunakan santan kental. Ketika ina bongkar dari loyangnya, pudding gula merahnya terbelah menjadi beberapa bagian dan pudding kentang di bawahnya kerembesan cairan pudding gulmer jadinya pudding yang basah basah basah,hahaha. Tapi meskipun rada gagal rasanya enak banget lohhh. Bener kata Mbak Hesti, rasanya lebih enak dari versi aslinya yang menggunakan lapisan coklat. Perpaduan yang okeee banget pokok e ;). Yahhh karena gagal gak jadi disetor deh, tik tok tik tok harus mikir lagi mau setor apaan, dengan waktu yang mepet,hahahaha.




Alasan utama ina bikin pudding ini karena penasaran dengan reviewnya Mbak Shirley dan Mbak Hesti, selain itu memang di rumah pada suka pudding kentangnya Mbak Hesti tapi versi original dengan lapisan coklat. Nengok postingan Mbak Shirley udah lamaaa banget dari januari yahhh tapi karena lagi gak pengen bikin pudding ya akhirnya resepnya cuma numpang lewat, hehehe. Beberapa hari lalu Mbak Hesti posting pudding kentang gula merah, yang katanya jauh lebih enak dari versi aslinya. Wahhhh ina penasaran donk. Sekalian nyoba nyari resep yang tanpa coklat tapi warnanya tetap coklat. Kebetulan sekitar 3 minggu yang lalu ponaan ina yang paling ganteng (uhukkk J) divonis alergi coklat. Haeduhhh. Ina biang keladinya niy. Karena Mizan doyang banget coklat ina jadi sering bikin kue yang berbau coklat, klo gak kukis ya pudding, klo cake Mizan agak kurang suka, suka siy tapi makannya gak banyak :p. jadi kemarin pagi2 nebeng mamanya si kembar belanja ke pastrad beli kelapa, gula merah untuk bikin pudding ini. Udah diniatin bikinnya pagi, biar agak siangan bisa foto2 trus malemnya bisa kami makan rame2 karena si kembar sekeluarga mau pulkam ke Banda Aceh jadi biasanya makan malamnya di rumah. Tapi yaaa gitu dehhh hasilnya gak sesuai harapan. Meskipun bentuknya gak banget semua pada bilang enak. Ina makan juga enak, manisnya passs, gak blenek bgt. Takaran gula untuk pudding kentang dan pudding gula merahnya udah ina kurangin. Untuk resep aslinya bisa diintip disini dan disini



Jumat, 13 Juni 2014

GREEN TEA MILKSHAKE

widget



Ahaaaa. Jadi juga milkshake idaman ina,hihihih. Green tea milkshake kolaborasi dengan green tea ice cream homemade yang ina bikin kemarin. Rasanyaaa enakkk pake banget deh. Ditambah es batu wuihhh syeger banget. Cocok buat ngademin badan di cuaca Medan yang super duper hot ini. Menurut ina siy udah enak tapi kata ayah green tea nya kurang banyak,hihihi. Ina ngocok susu dan es krimnya tanpa es batu dan hasilnya agak sedikit kental, kalau mau nyoba es batunya bisa ikut dimasukkan blender dengan bahan2 lainnya atau es batunya dimasukkan belakangan ketika milkshakenya dituang ke gelas juga boleh. Ini resepnya hasil racikan sendiri maksudnya takarannya sesuka ina ya, karena kemarin es krimnya agak manis jadi green tea bubuknya ina bikin jadi 2 sdt, mau ditambah lagi juga terserah ya. It`s all up to you,hehehe




GREEN TEA MILKSHAKE
By : Moulina Fajrin Isra

Bahan :
200 ml susu cair
2 sdt green tea bubuk/matcha powder
Es batu sesuai selera

Cara membuat :
Kocok susu cair, green tea bubuk dan green tea ice cream dengan blender hingga rata.
Tuang ke dalam gelas, beri es batu secukupnya



 Hihihi. Diminum tanpa sedotan lebih nikmat ;)







GREEN TEA ICE CREAM

widget



Akhirnyaaaa terprovokasi untuk membuat ice cream sendiri,hehehe. Sebenarnya berawal dari ketidaksengajaan. Jadi kemarin pas lagi nyeruput Green Tea Latte,browsing2 green tea bubuk yang masih tersisa ini mau dibuat apa lagi. 

Nahhh sampailah di suatu website yang menarik, jadi green tea bubuknya dibuat milkshake, baca-baca resep hampir semuanya ada yang gak ada cuma ice creamnya saja. Di resep siy ice cream vanilla ya tapi koq pengen ice cream nya dipakein green tea juga jadi pas milkshakenya jadi pasti rasa green teanya bakal terasa banget. Akhirnya cari2 resep ice cream grean tea yang paling gampang bahannya paling simple,hahaha. Sebenarnya di salah satu grup resep ice cream homemade udah berseliweran sejak lama tapiiii karena ina nya sok idealis kurang tertarik dengan penggunaan SP di dalam adonan, bukannya apa2 ya bahan2 yang digunakan jga sudah bahan olahan dengan segala macam bahan dan proses kimia yaaa setidaknya bahan kimia ini jangan ditambah lagi la ya,hehehe.

Kalau gugling jujur bingung mau bikin pake resep yang mana karena saking banyaknya. Sebagian menggunakan kuning telur, sependek pengetahuan ina kalau ada kuning telurnya pasti hasil akhirnya lembuttt tapi pas nengok videonya koq jadi agak2 risih ya, kuning telurnya mentah,hahaha. Dan akhirnya nemu resep yang guampang banget, cuma pakai tiga macam bahan krim kental, susu kental manis dan tentunya bubuk teh hijau. Cara pembuatannya juga gampang, tinggal dikocok aja dengan mixer, gak perlu mesin pembuat ice cream juga,hehehe. Resepnya plek ketiplek cuma beda krim kental ina pake yang bubuk ditambah cairan selebihnya sama persis. Tapi untuk ina 4 sdt susu kental manis little bit too sweet, jadi bagi yang kurang suka manis lebih baik takarannya dikurangi saja.

Ohyaaa hasilnya lembut, teksturnya dan rasanya mirip2 dengan mousse yang pernah ina buat dulu. Ini resepnya ya



GREEN TEA ICE CREAM
By : Eugenie, modified by Ina

Bahan :
4,5 sdt green tea bubuk/matcha
4 sdt susu kental manis (sesuai selera), dingin
80 gr whip cream bubuk
160 ml susu cair dingin

Cara membuat :
Larutkan green tea bubuk dengan 3 sdt air panas, aduk hingga rata
Masukkan susu kental manis ke dalam larutan pasta green tea, aduk rata. simpan di kulkas
Kocok whip cream bubuk dengan susu cair dingin hingga kaku (stiff)
Tuang larutan green tea ke dalam whipped cream, kocok hingga rata
Aduk dengan spatula hingga tercampur rata
Tuang ke dalam wadah, siman di dalam kulkas selama minimal 6 jam



Voilaaa my first ice cream, homemade dan besok udah bisa bikin green tea milkshake,yippieeee