expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Senin, 26 November 2012

JUALAN......

widget


Black Forest Cake....
Terdiri dari 3 lembar sponge cake yang lembut,krim yang tidak eneg,selai blueberry,kismis dan dark coklat sebagai filling...Harga mulai dari 200.000 utk ukuran 20 cm...Pilihan krim : whipped cream,butter cream spesial atau ganache




Rainbow Cake dengan Pewarna Alami (Bit,Wortel,Kuning Telur dan Pandan)
Terdiri dari 6 lembar sponge cake dengan 4 warna,dengan krim yang enak membelai lidah,ehehehe...Harga mulai dari 200.000 ukuran 19 cm... Pilihan krim : ganache,butter cream atau whipped cream





Puding Kentang Coklat
Terdiri dari cake kentang kukus,biskuit,marie dan puding coklat yang tidak terlalu manis...Bisa dijadikan untuk hantaran pernikahan,lebaran ataupun natalan... Harga 100.000 untuk ukuran 22 cm




Bread Pudding...Puding roti dengan susu dan krim kental,ditaburi kismis,chocolate chips dan taburan keju yang banyak... Harga mulai dari 100.000




Brownies...Si hitam manis yang legit dengan taburan mete dan almond... Harga mulai dari 47.500 ukuran 30x10 cm min. order 2 pcs




                                                           Cake Tape....
                                                 Harga 60.000 per loyang,min.order 2 pcs




Carrot Cake... Cake wortel dengan gula palem dipadu  bumbu spekuk,sepotong gak akan cukup :p... Harga mulai dari 60.000 per loyang,min. order 2 pcs




Japanese Cheese Cake...Cake keju yang lembut dan creamy krn menggunakan cream cheese dan krim kental....Harga mulai dari 160.000 




Chiffon Coklat


Chiffon Ketan Hitam




Chiffon Mocca




Chocolate Truffle Cake

2 lembar sponge cake coklat dengan krim truffle yang nikmat,tidak terlalu manis... Harga mulai dari 175.000 ukuran 20 cm




Lemon Chiffon Cake

Cake lembut dengan rasa dan aroma lemon yang memikat... Harga mulai dari 60.000




Macaroni Schotel dengan Bolognase Sauce....Harga 160.000 per paket ukuran 20 cm dan 2 cup ukuran 15x10cm




Puding Cake Buah...Bosan dengan cake berkrim,ini bisa menjadi salah satu alternatif cake ultah atau untuk hantaran... Harga mulai dari 125.000 ukuran 20 cm



Rabu, 21 November 2012

PEANUT CHOCO COOKIES

widget

Si kembar sukaaaa bgt ama kukis,apalagi bundanya,xixixix… Kukis paling enak itu klo baru diangkat dari oven,hangat2 dimkn itu rasanya sesuatu,cetar bgt deh,kwkwkwkw…. Kali ini nyobain resep kukis kcgnya mbak ricke,kukis kcg jadul yg pake kcg tanah bkn selai kcg kemasan....Kukis2 jadul itu slalu ngangenin,jadi nostalgia gituh :p…Bhn2nya simple,bikinnya jg gampang,cuma tinggal diaduk2 aj,tp ttp menghasilkan kukis yg enak…Ina bikin versi coklat krn kami penggemar coklat,si kembar apalagi…dibikinin renbow cake,malah gak mau…sambil nanya,bolu coklatnya mana bunda >,< (ntar ya syg klo pelangi udh ganti warna jadi coklat ;p)….Lagi2 resepnya udh ina modifikasi,hslnya enakkkk bgt,kk2 aj ampe bolak balik buka toples,xixixix…. Makasi ya mbak….kukisnya enak,empuk,mknnya ampe lupa diri ^o^….Resep aslinya bisa diintip disini ya http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/2011/04/lbt4-rolled-cookies-green-tea-peanut.html



Peanut Choco Cookies
By : Moulina Fajrin Isra

Bahan:
200 gram kacang tanah tanpa kulit
100 gram kacang mede
 (sangrai, haluskan (saya menggunakan blender dry mill yg kecil))

1 sdt garam

300 gram terigu protein sedang/all purpose flour
100 gram koko krunch,haluskan
(ayak)

½ sdt vanilla bubuk ~ Optional
130 gram gula halus,
2 sdm coklat bubuk
2 sdm susu bubuk

250 gram minyak goreng (ditimbang yaaa...)

Cara membuat:
1. Campur terigu,koko krunch garam, gula halus, kacang halus, vanilla bubuk, susu bubuk dan coklat bubuk. Aduk hingga merata.
2. Masukkan minyak goreng. Aduk dengan sendok kayu sampai merata dan menyatu bahan kering dan bahan basahnya.
3. Tutup wadah dg plasik wrap atau serbet bersih. Simpan dalam kulkas/chiller selama 30 menit - 1 jam agar adonan lebih mudah dibentuk. (adonan cookies ini agak lembek).
4. Taburi meja kerja dengan terigu (saya dialasi dulu dg kertas roti baru ditaburi terigu), gilas tipis adonan. Cetak dengan cookies cutter sesuai selera. Tata dalam loyang tipis (tidak perlu dioles apa-apa karena adonan sudah cukup berminyak), beri jarak satu sama lain.
5. Panggang dg suhu 140-150'C sampai matang kurang lebih 25 menit. Keluarkan dari oven, biarkan sebentar tetap dalam loyang. Lepaskan dari loyang dg perlahan, pindahkan ke atas rak kawat dan dinginkan. Simpan dalam wadah tertutup kedap udara.


Note: Cookies ini sangat renyah dan empuk, bila ingin cookies yang lebih kokoh bisa ditambahkan terigunya sesuai keperluan


Senin, 19 November 2012

KUE KERING NATAL & TAHUN BARU

widget



Silakan dipesan.. Ditunggu hingga 15 desember 2012.. Medan only

Minggu, 18 November 2012

LBT#19 PASTEL TUTUP MAKARONI SAUS JAMUR

widget







ID 123 MOULINA FAJRIN ISRA



Bisa dikatakan Pastel Tutup adalah sajian Pie ala Indonesia, orang Belanda menyebutnya Indische Pastel. Pastel Tutup adalah masakan yang cukup populer, perpaduan antara kuliner Belanda dan China. Sebuah sajian penuh gizi berisi daging dan sayuran yang seringkali disajikan di jamuan pesta pernikahan, arisan, dan pesta ulang tahun. 

Sesuai namanya, semua adonan isi pastel ini seluruhnya tertutup oleh adonan kulit yaitu adonan kentang dan biasanya disajikan dalam cup alumunium atau pinggan tahan panas. 
Pastel tutup kue yang bercita rasa gurih dan lembut. Diantaranya isinya adalah suwiran daging ayam, wortel cincang, jamur kuping, soun dan kacang polong yang dibuat creamy seperti ragout, lalu dilapis telur rebus ato daging cincang yang dimasak dengan tambahan jamur/kentang dan terakhir ditutup dengan kentang tumbuk yang ditopper keju parut.Tapi seiring dengan kreatifitas dan selera sekarang sudah banyak variasi dari pastel tutup yang tidak hanya menggunakan kentang tapi juga ubi, labu sebagai pengganti kentang juga isiannya bisa divariasikan sesuai selera.

Mo bikin pastel tutup ayam tapiiii blm teralisasi inanya udh keburu dipatuk ayam,alias alergi gara2 kebykan mkn ayam,matanya bengkak kyk ikan mas koki,huhuhu… Dan ayam pun berpindah tangan ke kk ipar L… Memang yang berlebihan itu gak baek sodara2 :p…

Akhirnya pake daging sapi simpanan mama yang seuprit ituh,lumayan la utk manis aja,pdhal klo lbh byk pasti lbh enak lg,hehehe.. Ina gak prnh mkn pastup original jadi cuma bisa mereka2 rasanya kyk apa,smoga yg dibikin gak salah ya J… Ini pastel tutup kedua yang ina bikin,sblmnya sekitar sebln dlu prnh bikin jg tapi pake labu kuning daaannnn yg mkn cuma ina aj ampe mabokkk,ahahaha… Jadi kali ini ina bikin pake kentang dan manggangnya pas kk2 libur jadi klo enak bisa cpt abis, klo gak enak yaaa ina jadi “tong sampah” lagi,huehuehue… Resepnya comot sana sini,tp utk puree nya ina ambil dari booklet resep kartini tahun capek aka jaman2 ina SD dlu (udh lama ajaaaa :p) yg ina modif dikit,isiannya sesuai bahan2 yg ada di rmh,males kluar rmh, matanya gak bgt deh,xixixix… Sausnya pake saus jamur biar berasa lg mkn steak gitu ^_^…Ini resepnya ya :

PASTEL TUTUP MAKARONI SAUS JAMUR
By : Moulina Fajrin Isra


ADONAN KULIT :
1 kg kentang,kukus lalu haluskan
100 gr margarine,lelehkan
3 sdm tepung terigu
3 sdm susu bubuk
50 gr keju cheddar parut
Garam,lada putih,lada hitam
(aduk rata semua bahan dan bagi menjadi dua bagian)


ISIAN :
2 sdm minyak makan
1 sdm margarin
2 siung bawang merah,iris halus
1 siung bawang putih,iris halus
½ buah bawang Bombay,iris halus
100 gr daging sapi cincang
1 buah wortel,parut kasar
350 ml susu cair/air kaldu sapi
1 sdm tepung terigu
100 gr macaroni,rebus ½ matang
Soun,siram dengan air panas
Garam,lada putih,lada hitam,oregano,bayleaf
Keju parut untuk taburan

Cara membuat :
1.      Panaskan minyak dan margarine,masukkan bawang2an. Tumis hingga harum
2.      Masukkan daging cincang,tumis hingga berubah warna
3.      Masukkan wortel, tambah terigu. Aduk hingga rata
4.      Tuang susu/air kaldu
5.      Tambahkan garam,lada,oregano,bayleaf (dicicip yaaa)
6.      Masukkan macaroni dan soun,aduk rata


SAUS JAMUR :
1 sdm margarine
1 sdm minyak makan
½ buah bawang Bombay,iris halus
100 gr jamur,potong sesuai selera
1-2 sdm tepung terigu
400-500 ml susu cair/air kaldu
Garam,lada putih,lada hitam,oregano,basil

Cara membuat :
1.      Panaskan minyak dan margarine,tumis bawang Bombay hingga harum
2.      Masukkan jamur,aduk rata
3.      Masukkan tepung,aduk rata
4.      Tuang susu cair/air kaldu,tambah garam,lada putih,lada hitam,oregano,basil



PENYELESAIAN :
1.      Siapkan mangkuk pyrex bulat 18 cm,2 mangkuk sup dan 1 buah cup alufoil. Olesi dengan minyak atau margarine. Tutup dengan sebagian adonan kulit
2.      Beri adonan isi, dan beri saus jamur
3.      Tutup lagi dengan adonan kulit
4.      Taburi dengan keju yang banyak
5.      Panggang dengan suhu 180ºC hingga kecoklatan





Kamis, 15 November 2012

ADAAN AYAM WORTEL

widget


Gini niy,tiap bikin yang manis pngen makan yg gurih…gitu juga sebaliknya >,<…Krn pas kk2 pd libur ina bikin yg simpel2 aj,tp ttp enak,hehehe…
 Kmrn pas nginap di tempat si kembar,k’Liza bikin bola2 udang,enak siy tp bunda cuma kebagian dikit krn hrs rebutan ama si kembar,kwkwkwkw… Nyampe rmh ina jg pngen tp gak mau pake udang,pngennya pake ayam… Pilihan jatuh di resep adaan ayamnya tabloid sedap,resepnya udh 2 taon dlu tp baru sempat praktek skrg :p…  Adaan ini msh sodaraan ama pempek/empek2,bedanya adaan  ada irisan daun bawangnya… Klo biasanya adaan berbahan dasar ikan tenggiri,tp krn hrga ikan muahal jadinya diganti ayam dan soal rasa gak jauh beda koq… Apalagi klo disiram pake cuko yg mantap bklan uenak bgt,slurpppp J…. Ina gak bikin cuko krn gak tau komposisinya selain itu ina jg bikin adaan skalian manggang sus,jd gak sempat plus takut susnya gocong,huehuehueh…Adaannya ina tambahin puree wortel sisa bikin renbow cake krmn,jd warna dlmnya rada jingga dikit ya J…Ini resepnya udh ina modifikasi sesuai selera ya



ADAAN AYAM WORTEL

Bahan :

250 gr ayam giling
1 ¾ sdt garam
¾ sdt gula pasir
Seujung sendok merica bubuk
2 siung bawang merah,iris halus
1 siung bawang putih
75 ml santan kental
70 gr puree wortel
1 batang daun bawang,iris tipis
175 gr tepung tapioka (kurang lebih)
Tepung tapioka secukupnya

Cara membuat :
1.      Ulek bawang merah dan bawang putih (jangang terlalu halus)
2.      Tambahkan garam,gula pasir,merica dan ayam. Aduk rata
3.      Tambahkan santan kental, puree wortel dan daun bawang, aduk rata
4.      Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga bisa dipulung (tapi jangan terlalu banyak,krn akan berpengaruh dihasil akhir yg terlalu kenyal dan keras :p)
5.      Balur tangan dengan tepung tapioka,ambil 1 sendok the adonan adaan,bulatkan
6.      Goreng di minyak sedang panas dan banyak hingga coklat keemasan



(PINKY) SUS ISI GANACHE COKLAT KOPI

widget

“Hawa” bgt mkn kue sus,skali bikin ampe 60 biji (kecil2 siy),kwkwkwkkw… ini gara2 snack box di pesawat yg isinya kue sus… Pas dimkn,whouwwww susnya enak bgt,vlanya gak manis… Sbnrnya ina bkn pecinta kue sus,tp krn 1 kue sus itu menghantui hari2 dan perut ina,halahhhhh….dan  jadilah kue sus inih… Ina tambah pake puree bit,pas dimasak dan pas disemprot warnanya cantik,ngepink tp pas udh mateng warnanya “luntur” huhuhu….Isiannya ganache sisa filling renbow cake kmrn (ngabisin isi kulkas euy),tp ditambahin pasta cappuccino biar gak terlalu manis… Jadinya enakkkk,si kembar aja doyan… Ktnya uenakkkk bgtttt ^_* (sambil nyolek ganache)…. Susnya cuma bbrp aj yg diisi krn ayah, mama & kk maunya sus kosong ajah n_n… Resepnya ina pake resep sus nya Mbak Dida tp lagi2 udh dimodif (sok pinter bgt si ina J)….




(PINKY) SUS ISI GANACHE COKLAT KOPI

Bahan :
250 ml susu cair
125 ml air
½ sdt garam
1 sdm gula pasir
190 gr margarine
125 gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
100 gr tepung terigu protein tinggi (cakra kembar)
75 gr puree bit
6 butir telur uk. Sedang

Cara membuat :
1.      Didihkan susu cair,air,garam,gula dan margarine (sambil diaduk2 ya) dengan api sedang
2.      Angkat dari api,masukkan tepung terigu,aduk2 hingga kalis (mengkilap dan tidak lengket di panci)
3.      Letakkan panci di api,masukkan puree bit. Aduk rata. Matikan api dan dinginkan
4.      Masukkan telur satu persatu sambil dikocok
5.      Masukkan ke piping bag,semprot dengan spuit bintang ke loyang sudah dioles margarine tipis
6.      Panggang dengan suhu 200ᵒC selama 40 menit (tergantung oven masing2).
Angkat,dinginkan. Isi sesuai selera



Selasa, 06 November 2012

RAINBOW CAKE (PEWARNA ALAMI)

widget

                                 (dengan pewarna alami cakenya tetap cantik kan :p)



Rainbow Cake untuk K`Liza


Tiap nengok ada tayangan renbow cake,K`Liza slalu blg Bunda bikin renbow cake...Hadeuuuhhh,gak tau niy adek iparnya paling males bikin yg beginian...Nengok pembuatannya aj udh kebayang repotnya :p...Mana alat per
angnya krg memadai jd udh pasti repot dan ternyata memang repot,hahaha...Bolak balik nyuci beater,mangkuk,loyang,spatula,manggang kuenya cuma bisa 2 loyang per batch,huwaaaaa...Rempong abis deh,xixixix....Tapi seru jg pas nengok hslnya,meskipun pake puree sayuran warnanya ttp cantik kan,ehehehe....2 hari sblmnya udh ina bikin pureenya,trus simpan di kulkas,waktu mau dipake tinggal dikeluarin...Mknnya jg gak pake rasa bersalah,tp ttp ya gak blh byk2,ntar dudut loh :p...

Pas puasa kmrn ngikut kelasnya Pak Wied Harry yg Rainbow Cake,jadi lumayan ngerti cara bikin pureenya...Suwun ya Pak....Ternyata gampang koq,cuma ya itu pewarna biru & ungunya susah didapat,jadi ina bikin cakenya ttp 6 lapis dgn 4 warna aj (renbow cake maksa :p)...Pake buah bit,wortel,kuning telur & daun pandan...Penggunaan puree ternyata gak mempengaruhi rasa kuenya ^^...Resepnya ina pake resep MbakNining Soeryono (http://ningnong.multiply.com/recipes/item/238)
,krn komposisinya mirip dgn resep RC Pak Wied jadi ina gak hrs konversi loyang lg,ahahaha (pemalas)...Ina pake 1,5 resep RC nya Mbak Nining,krn dgn 1 resep koq hslnya ketipisan ya,mungkin pengaruh dari telurnya yg pake yg imut2 :p

Ini resepnya ya

Rainbow Cake
By Nining,modified by me

Bahan-bahan:
12 butir telur (ukuran sedang besar biar hslnya tebal :p)
240 gr gula pasir
190 gram minyak goreng

Ayak:
240 gram terigu serba guna
60 gram tepung maizena
60 gram susu bubuk
Vanili bubuk
Pasta vanilla

Pewarna:
Buah bit,wortel,kuning telur,air pandan

Petunjuk
Siapkan 6 buah loyang ukuran 20x20x4 cm, oles dengan minyak, alasi dengan kertas roti
Kocok gula dan telor sampai mengembang
Kocok terus sampai putih, kecilnya mixer
Masukkan tepung, sedikit-sedikit, aduk rata
Tuang minyak goreng, aduk rata.
Bagi adonan menjadi 6, beri puree. Untuk warna merah & jingga 50-60 gr buah bit dan wortel,untuk warna kuning,kocok lepas 1 buah kuning telur (usahan jangan ada bagian putih telurnya),untuk warna hijau gunakan endapan air pandan (yang kental),aduk perlahan dengan spatula.
Tuang ke dalam loyang.
Panggang dalam oven yang telah dipanaskan 200 derajat Celcius, selama kurang lebih 15-20 menit. Lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangan. Angkat, dinginkan

Cara membuat pewarna

Merah :
1.      cuci bersih buah bit,kupas kulitnya lalu potong-potong
2.      masukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih
3.      rebus selama 7 menit
4.      angkat lalu saring
5.      blender buah bit dengan sedikit minyak
6.      siap digunakan

Jingga :
1.      cuci bersih wortel,kupas kulitnya lalu potong-potong
2.      masukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih
3.      rebus selama 7 menit
4.      angkat lalu saring
5.      blender wortel dengan sedikit minyak
6.      siap digunakan

Kuning : dengan kuning telur yang dikocok lepas (usahakan jangan ada putih telurnya ya)

Hijau :
1.      siapkan 15 lembar daun pandan yang tua
2.      cuci bersih lalu potong-potong
3.      masukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih
4.      rebus selama 5 menit
5.      angkat lalu saring
6.      blender dengan sedikit air
7.      saring
8.      masukkan ke dalam botol,diamkan selama 1 hari di dalam kulkas
9.      ambil bagian yang mengendap di bagian bawah botol (yang kentalnya ya)
10.  siap digunakan


SIMPLE SYRUP
Tiap lapis cake ina ciprati dengan simple syrup biar lembut. Perbandingannya sesuai selera aj ya.. Ini yang ina pake :

50 gr gula pasir
125 ml air

Caranya : campurkan gula dan air,masak hingga gula larut dan airnya mendidih. Angkat dan dinginkan


CHOCOLATE GANACHE

Untuk krimnya ina pake chocolate ganache,krn kami2 pecinta coklat,hehehehe..Resepnya dari Mbak Ricke & The Uceu

250 gr dark cooking chocolate
100 gr whip cream bubuk (ina pake haan)
200 ml air dingin

Caranya :
potong-potong dark cooking chocolate lalu tim hingga coklatnya leleh
Kocok whip cream dan air dingin hingga kaku
Masukkan coklat leleh,kocok rata


PENYELESAIAN :
Ambil cake warna merah,ciprati dengan simple syrup. Olesi dengan chocolate ganache. Tumpuk dengan cake berwarna jingga (pelan2 ya),ciprati dengan simple syrup dan chocolate ganache. Lakukan hal yang sama dengan cake berwarna kuning,hijau,jingga dan merah. Masukkan ke dalam kulkas,diamkan selama 2 jam. Potong sisi-sisi cake dengan pisau bergerigi yang telah dicelupkan ke dalam air panas dan dilap dengan kain. Potong perlahan hingga keempat sisinya rapi. Hias sesuai selera







Minggu, 04 November 2012

HOMEMADE BURGER

widget




Rekuesan b`Andy pas puasa kmrn niy,tp baru dibikin sekarang.. Maklum aj la adeknya lumayan sok sibuk gituh,kwkwkwk…. Jadiiii,pas puasa kmrn tiba2 b`Andy pngen dibuatin burger,dlu adek kan prnh bikin gitu ktnya…Hooh,dlu pas jaman SMP (wuihhh,udh lama aj J) prnh bbrp kali bikin… Bikin dagingnya aj,rotinya beli di pioneer camp…Hiksss,jadi kangen pioneer,kangen burgernya…Gak ada burger seenak burger di pioneer itu (glekkkkk >,<)… Rotinya enak,gak manis,jadi mknnya gak eneg…Klo roti2 beli meskipun ktnya roti bun utuk burger rata2 gulanya terasa bgt L… Nahhh,kmrn pas bikin daging burger,mikirnya roti beli aja la,hehehe (pemalas :p),krn barengan ina lg bikin pesanan kukis dan u know me so well la,si ina kan gak kuat ngulen2in apa pun itu,hiks…Tapiiiii,3 hari nguber2 toko roti dkt rmh & supermarket eehhhh si rotinya lg kosong,jadiiii terpaksa la ina bikin sendiri….Pagi2 udh masuk dapur,timbang2,aduk2,uleni setengah jln aj,sisanya mama yg ngulen,kekekekkkk…. Bulet2in,panggang. Angkattt,yipeeee… Tapi rotinya imut2 montok gituh,kyk yg bikin,winkkkk….Siangnya b`Andy ke rmh minta ditemanin ke dpn,skalian ina jg mo ke supermarket,dan ternyataaaa roti bun yg dipngen udh ada di rak rotinya… Ishhhh,sebelll … beli sebungkus isi 5,nyampe rmh disandingkan dgn roti bikinan ina,hmmmm,ukurannya jauh beda,yg beli lbh tipis & lebar,tp klo utuk rasa ina lbh suka yg bikinan sendiri krn gak manis dan cara manggangnya diuapin kyk serial Baker King itu,jd hasil rotinya renyah di luar & empuk di dalam…Suka deh pokoknya… 2 jempol utk Mbak Rina Rinso…Suwun ya mbak,resepnya oke bgt… Resep aslinya ina dpt dari sini ya : http://ala-rinarinso.blogspot.com/2010/04/bun-burger-pilihanku.html


Bahan :

1 cup (250 ml) air atau susu dingin ---> pisahkan jadi 2, yaitu 200 ml dan 50 ml *ina air dingin
2 sdt ragi instan (misalnya fermipan, mauripan, saf, dll)
2½ sdm gula
1½ sdt garam *ina ½ sdt
1 butir telur
3 cup (420 gr) terigu protein tinggi (misalnya cakra)
1/3 cup(42 gr) terigu serba guna (misalnya segitiga biru)
2½ sdm butter unsalted (kemarin aku pakai bakers mix blending) *ina margarin

Olesan :
1 butir telur (aku plus susu) *ina 1 kuning telur
biji wijen


Cara membuat yang sudah di sesuaikan ala rina rinso :

1. Campur tepung terigu protein tinggi, serba guna, ragi instan, gula, telur dan 200 cc susu/air dingin. Aduk rata. Dan mulai uleni. Kalau cairan (susu atau air) dirasa masih kurang tambah dengan cairan yg tersisa 50 cc sedikit demi sedikit sampai adonan tidak lengket. Tetapi perhatikan juga akan ada lemak (butter atau margarin) yg dimasukkan yang bisa membaut adonan lebih basah. Jadi sebaiknya jangan menambahkan cairan terlalu banyak. Karena kalau nanti terlalu basah mesti nambah terigu. Dan kalau nambah terigu bisa jadi hasil rotinya kurang lembut.

2. Setelah adonan setengah kalis masukkan lemak (butter atau margarin) dan uleni sampai kalis dan elastis.

3. Terakhir masukkan garam. Uleni lagi sampai benar-benar garamnya tercampur rata dengan adonan.


4. Setelah adonan kalis dan elastis bulatkan dan istirahatkan sampai mengembang 2 kali lipat. Salah satu tips dan trik yang aku gunakan adalah : rebus air sampai mendidih dalam panci. kemudian masukkan adonan yang sudah kalis dan elatis di dalam tempat yg tertutup, disertai dengan panci yg berisi air mendidih. uap panas dari air mendidih bisa mempercepat proses fermentasi.
*ina fermentasi seperti biasa,cukup ditutup dgn kain hangat/plastik

5. Setelah adonan mengambang 2 kali kempiskan untuk mengeluarkan udara, kemudian bagi adonan @ 60 gr. Di resep aslinya 1 adonan ini untuk 8 bun.. *ina @60 gr jadinya 12 pcs,tp utk yg agak sedikit rakus spt ina ukurn segitu mah kekecilan,xixixixi

6. Setelah adonan dibulatkan, tekan adonan sampai pipih supaya hasilnya bun burger akan melebar dan tidak terlalu naik ke atas/tebal. Setelah itu letakkan dalam loyang yang sudah dioles dengan mentega. Lakukan terus hingga seluruh adonan habis. *lah bagian ini udh ina lakuin tp hslnya ttp montok aj
L

7. Setelah adonan selesai dibantuk tutup dengan serbet dan biarkan lagi hingga mengambang 2 kali lipat. Tips dan trik-nya sama seperti sewaktu mengambangkan adonan yang pertama yaitu dengan menggunakan uap air panas.

8. Panaskan oven sampai suhu 200 derajat celsius. Siapkan air mendidih.

9. Kalau adonan bun burger sudah mengambang 2 kali, oles bagian atas dengan bahan olesan dan taburi dengan biji wijen (sesuai selera).

10 Di dalam oven paling bawah letakkan loyang dan beri air panas mendidih. Kemudian letakkan loyang yang berisi adonan bun burger di rak atas. Oven selama 15 menit. Sesekali putar loyang sehingga semua mendapatkan aliran panas yang sama. *oven ina 20 menit


Daging Burger

Untuk daging burger resepnya dari teman arisan mama waktu di Arun dlu,Tante Syarifah… Tapi di bawah ini udh disesuaikan dgn bahan2 yg ada di rmh ya :

1 kg daging has dalam (blender,jgn terlalu halus ya,msh ada serat2nya lbh enak)
2 sdt garam (kurang lebih)
1 sdt merica bubuk (pake merica hitam lbh enak :p)
4 butir telur ukrn sedang
1,5 sdt saos tomat
1,5 sdt saos cabe
1 buah bawang Bombay,cincang agak halus,tumis dengan ½ sdm margarine sampai harum
3 buah roti,panggang,haluskan dgn parutan

Cara membuat :
Campur daging dengan garam dan merica,aduk rata
Tambahkan telur,saos tomat,saos cabe dan bawang Bombay yang sudah ditumis,aduk rata
Tambahkan parutan roti,aduk rata.
Bentuk sesuai selera *ina @70 gr hasilnya 20 pcs