expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Jumat, 31 Oktober 2014

BLACK & WHITE CAKE : Challenge #6 "YKMK" 2014 (Kreasi Cake bersama ChefMate)

widget


Cake yang dibuat dengan tergopoh2,hihihi. Demi, demiiii biar bisa dapat goodie bag dari Chef Mate :p. cake ini sebenarnya udah ina persiapkan untuk ulang tahun mama pas 10 November yg bertepatan dgn hari terahir pengumpulan peer yang ini. Tapi krn mo ngedapetin goodie bag yg blm tentu dapat (semoga dapat,hahaha), makanya ina bikin hari ini. Bikin dari pagi, siapnya sore tadi jam 4. Matahari udah gak ada, Medan seharian juga berkabut dan mendung jadi fotonya gini aja,huhuhu. Cake ini terinspirasi dari Russian Black and White Cake nya Kak Azlita Masam Manis. I love her blog very veryyyy much. Foto2nya beninggg bgt dan sering dibuat ngiler dengan postingan2nya,hehehe. Tapi cake ini ina buat dengan versi ina. Base cake nya pakai sponge cake aja, bkn dgn devil food cake yg menurut ina rasanya terlalu “berat”, utk ganache nya pakai resep Teh Uceu tapi takaran dark coklatnya ina kurangi dan utk cream putihnya ina buat dari mascarpone yang ditambahin whipped cream dan white coklat. Hasilnya, enak enak enakkkkk. Ina sempat mendokumentasikan step-step nya, gak banyak, dan maaf rada gelap krn di dapur susah dapat cahaya matahari.





BLACK & WHITE CAKE

Dark Chocolate Sponge Cake

Bahan:
5 butir telur ukuran sedang
75 gr gula pasir

70 gr tepung terigu protein sedang/rendah
30 gr coklat bubuk
(ayak dan aduk rata)

50 gr margarine
40 gr dark cooking chocolate

Cara membuat :
1.      Olesi loyang bulat 20x20x5cm dengan margarine. Alasi dengan kertas roti
2.      Panaskan oven dengan suhu 180ºC
3.      Lelahkan margarine dan dcc. Sisihkan
4.      Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, pucat dan kental
5.      Masukkan tepung, sambil dikocok dengan kecepatan rendah hingga rata
6.      Masukkan campuran margarine, aduk rata dengan spatula
7.      Tuang adonan ke dalam loyang, hentakkan beberapa kali
8.      Panggang selama 30 menit hingga matang
9.      Angkat dan keluarkan dari loyang





Chocolate Ganache

Bahan :
100 gr whippy cream bubuk
200 ml air es

200 gr dark cooking coklat

Cara membuat :
1.      Tim coklat hingga leleh. Dinginkan
2.      Kocok whippy cream bubuk dan air es sampai mengembang kaku.
3.      Masukkan coklat leleh, kocok rata
4.      Masukkan ke dalam plastic segitiga
5.      Simpan di dalam kulkas




Mascarpone Cream

Bahan :
100 gr whippy cream bubuk
200 ml air es

100 gr white cooking coklat

250 gr mascarpone

Cara membuat :
1.      Kocok mascarpone secara manual dengan garpu. Sisihkan
2.      Tim coklat hingga leleh. Dinginkan
3.      Kocok whippy cream bubuk dengan air es hingga mengembang kaku
4.      Masukkan coklat leleh, kocok dengan kecepatan rendah
5.      Masukkan mascarpone, kocok hingga rata
6.      Masukkan ke dalam plastic segitiga
7.      Simpan di dalam kulkas


Symple Syrup
50 gr gula pasir
125 ml air
(masak hingga air mendidih dan gula larut. Dinginkan)





Penyelesaian :
1.      Belah cake menjadi tiga bagian, masing-masing setebal 1 cm
2.      Ambil satu bagian cake, letakkan di dalam ring cutter ukuran 18 cm. Basahi dengan symple syrup.
3.      Olesi dengan ganache dan mascarpone cream berselang seling
4.      Tutup lagi dengan selembar cake. Basahi dengan simple syrup dan olesi lagi dengan cream berselang seling
5.      Tutup lagi. Tuang mascarpone cream dan ratakan. Simpan di dalam freezer hingga krimnya set
6.      Buka ring cutter. Olesi semua permukaan dengan mascarpone cream.
7.      Taburi permukaan cake dengan coklat bubuk
8.      Hias sesuai selera




Rabu, 22 Oktober 2014

PESANAN VOLKOPI INDONESIA

widget



American Risoles
Almond London
Chocochip Cookies
Black Nastar
Nastar Keju
Pitmopen


Terima kasih dan semoga berkenan

UKKONENG

widget





UKHEJO

widget


UKSANDEYY

widget


UKCHALLENGE5 : SCRAFT, PASHMINA, JILBAB

widget


MEDAN FOOD EXPO 2014

widget

Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk mengikuti food expo tahun ini. Ini adalah food expo kedua yang diadakan di kota Medan. Setahun lalu diadakan di Hermes Place dan tahun ini diadakan di Tiara Convention Center. Dan masih dipertemukan dengan Pak Yongki Gunawan. Acara diadakan 3 hari, mulai dari 12-14 Oktober tapi seperti tahun lalu ina cuma datang pas hari pertama aja :p. datang karena ada Chef Vindex ternyata ohhh ternyata chef nya baru datang keesokan harinya. Hmmmm,gak jodoh kita ya pak,hiks. Stand tahun ini gak sebanyak stand tahun lalu, tempatnya juga kecil jadi memang gak banyak yg bisa buka stand. Dan seperti tahun lalu, tahun ini Pak Yongki hadir lagi. Horeeee. Tahun lalu pak Yongki dan asisten bikin cronuts, tahun ini bikin 2 macam cake, satu pake ganache dan satu lagi pake vla dan yg istimewa ada diajarkan/didemokan cara pembuatan bunga dari coklat. Klo nengok pak Yongki bikin siy gampang, gak yakin deh klo bikin sendiri,hihihi. Ini ya foto2nya dan kemarin sempat memvideokan Pak Yongki demo pembuatan bunga coklat. Enjoyyyyy

















Selain ke standnya Pak Yongki (Rosella), jalan2 ke standnya Elmer (Ny. Liem) diajarkan cara pembuatan bunga coklat



Di standnya Tulip, lagi bikin Hokaido Cake & Financier


  
Demo di stange, diajarkan Cake Blueberry dari Hakiki Donarta




Jumat, 17 Oktober 2014

LAMINGTON CAKE

widget

LBT#34 LAMINGTON CAKE

ID 123-MOULINA FAJRIN ISRA


Lamington Cake adalah salah satu kue yang terkenal serta menjadi ikon yang berasal dari Australia. Kue ini sangat populer dan banyak disukai semua orang, secara umum kue ini berukuran kecil yang dilapisi coklat dan kelapa parut kering dibagian luarnya.

Kue ini ditemukan secara tidak sengaja oleh Lord Lamington, Gubernur ke-8 Queensland, konon ceritanya ada pelayan yang tidak sengaja menjatuhkan kue bolu kedalam coklat cair, karena tidak ingin membuang makanan Lord Lamington menyarankan untuk mencelupkan bolu tersebut kedalam kelapa agar coklatnya tidak menempel ditangan. Hasilnya Lord Lamington sangat menyukai rasa unik kue tersebut dan menganggap kesalahan pelayan itu sebagai awal penciptaan kue yang enak.

Lamington ini ada berbagai bentuk lamington ball, lamington heart, lamington fingger dan lainnya... Intinya sponge cake atau buttercake lembut kemudian digulingkan kedalam kelapa parut kering.

Lamington Cake ini pertama kali ina lihat ketika peer lbt yang buttercake,disetor oleh Kak Ratih Rahmatina, baru tau ada cake model dicelup coklat trus ditaburi kelapa parut kering,hihihi. Trus nengok lagi pas nonton Masterchef Australia, tantangannya bikin kue2 khas Australia salah satunya ya Lamington ini. Nahhhh, gara2 nonton acara itu si kk minta dibikinin Lamington, ya adeknya males lahhh,hahaha. Trus dikirimin buku resep sama Teh Niar, isinya ttg coklat, cake, krim, eksrim dll dan ada lagi si Lamington ini. Makin craving lah si kk.

Gara2 ikut tantangan LBT akhirnyaaaaa jadi juga Lamington Cake ala Ina,hahahahah. Buat ina yg namanya Lamington ya bentuknya kubus, bukan persegi panjang, jajaran genjang apalagi trapesium :p. karena kata si ibu yg pemimpin Asosiasi Wanita Australia di acara Masterchef itu bentuk Lamington hrs kubus, seragam, ukurannya kalau bkn 4x4 cm ya 5x5 cm. bentuk Lamington ina ini gak kubus2 bgt deh, ukurannya juga gak sama besar, susah motong cake pake feeling, hihihi.




Untuk basecake bisa pake resep apaaa aja, tapi ina bikin dari sponge cake vanilla dgn telur utuh. Resep sponge cake adaptasi dari resep Dark Chocolate Cake nya The Uceu Kevin yang ina bleaching jadi warna putih,hihihi. Untuk celupannya ina pake resep glaze Triple Chocolate Mousse Cake nya Mbak Ricke. Dan yang istimewa, kelapa keringnya ina bikin sendiri. Dari kelapa parut trus ina panggang dgn suhu kecillll sampai kering. Warnanya akan sedikit kecoklatan, gak bisa seputih kelapa kering yang dibeli jadi, tapi harummmmm bgt. Worth it ama manggangnya yg lumayan lama





LAMINGTON CAKE

Vanila Cake

Bahan :
5 butir telur ukuran sedang
75 gr gula pasir

100 gr terigu protein sedang
10 gr maizena
1 sdm susu bubuk
¼ sdt vanilla susu L`Arome
(ayak & aduk rata)

75 ml minyak sayur

Cara membuat :
1.      Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang, pucat dan kental
2.      Masukkan campuran tepung sambil dikocok dengan kecepatan rendah (bisa juga diaduk dengan spatula)
3.      Masukkan minyak sayur, aduk lipat dengan spatula
4.      Tuang ke dalam loyang 20x20x5 cm yang sudah diolesi margarine & dialasi kertas roti
5.      Panggang dalam oven bersuhu 180ºC selama 25 menit
6.      Angkat dan keluarkan dari loyang
7.      Dinginkan dan simpan selama 1 hari
8.      Potong menjadi 16 bagian

Lapisan Coklat

Bahan :
160 gr susu cair (ditimbang)
230 gr chocolate coating, potong dadu
4 sdm madu
2 sdm minyak sayur

Kelapa kering dari 2 butir kelapa

Cara membuat :
1.      Hangatkan susu cair. Matikan api
2.      Masukkan coklat, aduk2 hingga leleh
3.      Masukkan madu dan minyak sayur, aduk rata
4.      Masukkan cake satu persatu ke dalam mangkuk bersisi coklat cair, lumuri semua permukaan dengan coklat. Tiriskan. Tuang ke wadah berisi kelapa kering. Baluri seluruh permukaan dengan kelapa kering. Angkat. Susun di atas cooling rack
5.      Dinginkan dan sajikan



UKTREATMENT

widget


UKREMPAH

widget