expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Jumat, 17 Oktober 2014

LAMINGTON CAKE

widget

LBT#34 LAMINGTON CAKE

ID 123-MOULINA FAJRIN ISRA


Lamington Cake adalah salah satu kue yang terkenal serta menjadi ikon yang berasal dari Australia. Kue ini sangat populer dan banyak disukai semua orang, secara umum kue ini berukuran kecil yang dilapisi coklat dan kelapa parut kering dibagian luarnya.

Kue ini ditemukan secara tidak sengaja oleh Lord Lamington, Gubernur ke-8 Queensland, konon ceritanya ada pelayan yang tidak sengaja menjatuhkan kue bolu kedalam coklat cair, karena tidak ingin membuang makanan Lord Lamington menyarankan untuk mencelupkan bolu tersebut kedalam kelapa agar coklatnya tidak menempel ditangan. Hasilnya Lord Lamington sangat menyukai rasa unik kue tersebut dan menganggap kesalahan pelayan itu sebagai awal penciptaan kue yang enak.

Lamington ini ada berbagai bentuk lamington ball, lamington heart, lamington fingger dan lainnya... Intinya sponge cake atau buttercake lembut kemudian digulingkan kedalam kelapa parut kering.

Lamington Cake ini pertama kali ina lihat ketika peer lbt yang buttercake,disetor oleh Kak Ratih Rahmatina, baru tau ada cake model dicelup coklat trus ditaburi kelapa parut kering,hihihi. Trus nengok lagi pas nonton Masterchef Australia, tantangannya bikin kue2 khas Australia salah satunya ya Lamington ini. Nahhhh, gara2 nonton acara itu si kk minta dibikinin Lamington, ya adeknya males lahhh,hahaha. Trus dikirimin buku resep sama Teh Niar, isinya ttg coklat, cake, krim, eksrim dll dan ada lagi si Lamington ini. Makin craving lah si kk.

Gara2 ikut tantangan LBT akhirnyaaaaa jadi juga Lamington Cake ala Ina,hahahahah. Buat ina yg namanya Lamington ya bentuknya kubus, bukan persegi panjang, jajaran genjang apalagi trapesium :p. karena kata si ibu yg pemimpin Asosiasi Wanita Australia di acara Masterchef itu bentuk Lamington hrs kubus, seragam, ukurannya kalau bkn 4x4 cm ya 5x5 cm. bentuk Lamington ina ini gak kubus2 bgt deh, ukurannya juga gak sama besar, susah motong cake pake feeling, hihihi.




Untuk basecake bisa pake resep apaaa aja, tapi ina bikin dari sponge cake vanilla dgn telur utuh. Resep sponge cake adaptasi dari resep Dark Chocolate Cake nya The Uceu Kevin yang ina bleaching jadi warna putih,hihihi. Untuk celupannya ina pake resep glaze Triple Chocolate Mousse Cake nya Mbak Ricke. Dan yang istimewa, kelapa keringnya ina bikin sendiri. Dari kelapa parut trus ina panggang dgn suhu kecillll sampai kering. Warnanya akan sedikit kecoklatan, gak bisa seputih kelapa kering yang dibeli jadi, tapi harummmmm bgt. Worth it ama manggangnya yg lumayan lama





LAMINGTON CAKE

Vanila Cake

Bahan :
5 butir telur ukuran sedang
75 gr gula pasir

100 gr terigu protein sedang
10 gr maizena
1 sdm susu bubuk
¼ sdt vanilla susu L`Arome
(ayak & aduk rata)

75 ml minyak sayur

Cara membuat :
1.      Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang, pucat dan kental
2.      Masukkan campuran tepung sambil dikocok dengan kecepatan rendah (bisa juga diaduk dengan spatula)
3.      Masukkan minyak sayur, aduk lipat dengan spatula
4.      Tuang ke dalam loyang 20x20x5 cm yang sudah diolesi margarine & dialasi kertas roti
5.      Panggang dalam oven bersuhu 180ÂșC selama 25 menit
6.      Angkat dan keluarkan dari loyang
7.      Dinginkan dan simpan selama 1 hari
8.      Potong menjadi 16 bagian

Lapisan Coklat

Bahan :
160 gr susu cair (ditimbang)
230 gr chocolate coating, potong dadu
4 sdm madu
2 sdm minyak sayur

Kelapa kering dari 2 butir kelapa

Cara membuat :
1.      Hangatkan susu cair. Matikan api
2.      Masukkan coklat, aduk2 hingga leleh
3.      Masukkan madu dan minyak sayur, aduk rata
4.      Masukkan cake satu persatu ke dalam mangkuk bersisi coklat cair, lumuri semua permukaan dengan coklat. Tiriskan. Tuang ke wadah berisi kelapa kering. Baluri seluruh permukaan dengan kelapa kering. Angkat. Susun di atas cooling rack
5.      Dinginkan dan sajikan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar