expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Senin, 30 September 2013

BELAJAR BAKING

widget

Duluuuu bikin brownies aja bisa gagal,kerasnya minta ampyun,bisa dipakai utk ngegampar org sekampung,kwkwkwk.. dan akhirnya hrs berakhir di tong sampah,hikss.. saking kerasnya bahkan pisau pun angkat tangan,mungkin kalau ada kapak atau gergaji baru bisa kepotong browniesnya,hehehe.. percobaan kedua & ketiga msh keras jg,udh bisa dipotong (meskipun susah payah :p) tp manisss bgt.. setelah bertapa di warnet (heheh) baru tau kalau bikin cake bhn2nya gak boleh dingin,alat yg digunakan jg hrs bebas lemak & air plussss ovennya hrs dipanaskan,minimal 15 menit sblm adonan masuk.. 11 tahun berjln msh hrs byk bljr,bikin bolgul udh 11x gagal yg patah,terkelupas,bikin bolkus mekrok 8x mingkem smua,bahkan bikin kue kering pun prnh gagal krn adonan lembek ditambahin tepung alhasil lidah kucingnya jd batu,hihihi.. bahkan prnh sempat lupa memasukkan tepung2an ke dlm adonan cake (hadeuuhh,tepok jidat --___--')..tp gak kapok krn emng suka bikin kue,meskipun jujur lbh enak mkn kue org lain drpd mkn bikinan sendiri 

JUALAN TANPA TESTER

widget

Kenapa ina gak pernah bikin tester? Karena tester butuh modal,butuh biaya.. Emangnya bahan kue turun dari langit atau tinggal petik di pohon? Be realistic la ..Dan sependek yg udh dijalani yg minta tester ya org2 yg gak prnh pesan,cuma pngen gratisan yahhh klo cuma gratisan doank ina jg mau,hehehe.. Klo pngen icip2 silakan pesan,dikit dlu utk tes rasa,cocok sukur gak jg gpp,nothing to loose koq *pngencurhataja 

Rabu, 25 September 2013

RISOLES

widget


Satu minggu “dihajar” risoles :-p..



American Risoles & Risoles Burger pesanan teman2 kantor B`Andy J.. Makasi Bu Atik, Kak Nila,Sahlul, Mona,Riska, Lita.. Semoga berkenan J



RISOLES

widget



Risoles dari dapurnya Nyak Ina Kitchen.. American Risoles,Risoles Kebab dan Risoles Burger.. 





Selasa, 24 September 2013

RISOLES KEBAB

widget

RISOLES KEBAB

Yeahhh,i`m back in the game,xixixix.. Pecinta risoles sejati mengutak-atik isian risol :p.. Inget banget dulu waktu msh tinggal di Lhokseumawe,paling doyang sama yang namanya risol,ke supermarket seringnya beli risol dan kebetulan yang bikin risol (gorengan dan jajanan pasar) ini tetangga dekat rumah,beda blok lah namanya Tante Turyanto.. Kalau diingat2 knapa la gak belajar bikin kue ama si tante ini dulu J.. Waktu udah pindah ke Medan pun, tiap ayah atau mama mau ke Medan pasti titip dibawain risol,hehehe… Kali ini ina nyoba isian kebab,udah enak tapi msh ada yg kurang rasanya. Mungkin krn ada bbrp bahan yg ina ganti,bukan sok pinter tapi memang bhnnya gak ada di rumah :-p.. Kata mama siy enak,tapi ntar tunggu kk2 pulang kerja dlu,tunggu pendapat sesama pecinta risoles J



Resep kebabnya ina ambil disini

Isian Daging Kebab
By : Ita,modified by me

Bahan:
250 gr daging sapi giling
1 buah bawang Bombay ukuran sedang,cincang halus
3 siung bawang putih cincang halus
2 siung bawang merah
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/4 sdt jintan bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1 buah cabai merah,haluskan
1/4 sdt kayumanis bubuk
1 sdm susu cair
sedikit daun seledri
minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat :
1.      Tumis bawang putih,bawang merah dan bawang bombay hingga harum,masukkan daging giling dan aduk rata.
2.      Tuangkan susu cair, aduk rata.
3.      Masukkan bumbu2 yang lain, aduk hingga tercampur rata dan daging matang
4.      Taburi dengan daun seledri cincang, aduk2 lagi hingga tercampur merata. Angkat dan sisihkan.

Penyelesaian:
1.      Ambil selembar kulit risol,olesi dengan mayonnaise,daging kebab dan keju parut
2.      Gulingkan ke dalam kocokan putih telur
3.      Gulingkan ke tepung panir
4.      Simpan di kulkas ±3 jam
5.      Goreng dengan minyak banyak dan panas
6.      Angkat dan sajikan bersama sambal botolan




Selasa, 17 September 2013

BLACK NASTAR & NASTAR KEJU

widget

Black Nastar & Nastar Keju pesanan teman2 kantor B`Andy


Proyek yang sedikit tertunda krn pergelangan tgn yg nyeri,selai nanas yg habis & butter yg berbau tengik,hiks


Jumat, 13 September 2013

SELAI NANAS HOMEMADE

widget


Selai Nanas ohhh selai nanas n_n



NASTAR KEJU

widget



Nastar Keju (baru siap sebagian kecil n_n)

Rabu, 11 September 2013

AMERICAN RISOLES


widget

American Risoles pesanan Kak Hartika Mayani.. Makasi ya kak.. Semoga berkenan 

Komennya : wah enak bgt na ,ntar bs pesen lg ne.. 



Senin, 09 September 2013

AMERICAN RISOLES


widget

American Risoles pesanan Feronia Neysa Fadly Farimansyah.. Makasi ya ni,jgn kapok2 pesan ama ina .. Alhamdulillah kata nia amrisnya enak,rasanya mantap 


Minggu, 08 September 2013

BU PAYEH (ACEH)

widget




BU PAYEH (ACEH).. BU (NASI),PAYEH (PEPES),nasi (beras ketan) yang dibungkus dengan daun pisang (hrsnya daun pisang muda tapi Medan susyaahhhh nyari yg muda)


Ina itu suka bikin kue aneh2 (bkn ue tradisional) yg kata ayah ampe nama kuenya pun gak bisa disebut,hehehe,tapi ttp kue2 tradisional Aceh itu slalu di hari (uhuk2 :p).. Selain timphan,bu payeh ini salah satu yg paling ina suka.. Sebenarnya yg paling ditunggu bkn pas bu payehnya keluar dari kukusan tapi ketan aron yg rada2 gocong itu yg dinanti,huehuhue,biasanya ina & si kk utk nunggu jatah yg gocong2,tp hari ini mama pelit bikinnya dikit jadi gak sempat mkn ketan aronnya,hiks..Rekuest kue ini udh lamaaaa bgt ehhh tiba2 tadi pagi mama ngajakin bikin ini,mama yg bikin ina yg mkn maksudnya,hehehe..Yg ini versi yg mama & nyaksyik bikin,ada juga klo di kampung itu mknnya disiram kuah santan & nangka.. Kyk gini juga udh enak koq,yg penting pisang rajanya udh masaaakkkkk bgt,kulitnya yg udh item2..


Bahan2nya pakai ilmu kira2 jadi gak tau berapa2nya ya yg pasti : beras ketan putih,santan,garam & sedikit gula pasir dimasak (diaron) hingga santannya habis.. Dinginkan sebentar.. Siapkan daun pisang muda,ambil sekitar 1 sdm ketan aron tipiskan beri pisang raja yg sudah dibelah.. Kukus dengan api besar sekitar 45 menit.. Angkat 

Kamis, 05 September 2013

EDAM MACARONI SCHOTEL

widget
Pulang dari nganter si kembar & nganter pesanan (cuma nebeng aja J),laper.. Di rumah gak ada apa2,tukang sayur gak dtg krn ujannya awet bgt n_n.. Tring-tring,pngen mkn schotel (lagi :p).. Bikinnya kecil aja,krn kemaren udh mkn amris (hihihi,mkn enak trs gimana gak kadar kolesterolnya sejuta L).. Kemaren pas bikin schotel dgn tambahan keju edam koq rasanya enak bgt,k`mimi jg blg yg ini lbh enak dari yg biasanya (hehehe).. Jadi kali ini bikin lagi dgn tambahan keju edam tapi edam local yg ina pesan dari bekasi,pas yg pertama kan pake keju edam impor sisa bikin kaastengels.. Ternyataaa rasanya beda sodara2,yg impor lbh gurih,gak tau juga apa mungkin pas bikin yg ini jumlah edamnya terlalu sedikit ya :p.. Trusss utk alasnya ina pake sisa kulit risol,jadi kan tiap bikin risol emng kulitnya ina lebihin krn ina doyannnn bgt ngerobek si kulit risol,hiksss.. Enak juga,ada sensasi kriuk2nya,hehehe.. Utk isian ina cuma pake wortel & jamur aja krn emng gak niat mo bikin macutel,klo ada daging sapi pasti bakalan lbh maknyusss deh,hehehe..



Edam Macaroni Schotel

By : Ina

Bahan :
6 lembar kulit risol
150 gr macaroni elbow,rebus setengah matang
1 buah bawang bombay,iris tipis
1 buah wortel,parut kasar
10 buah jamur kancing,iris tipis
2 sdt terigu protein sedang
400 ml susu cair
2 butir telur,kocok dengan garpu
75-100 gr keju edam,parut halus
Garam
Merica bubuk (putih & hitam)
Oregano bubuk
Keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat :
1.      Olesi pinggan dengan margarine,susun kulit risol hingga menutupi bagian bawah pinggan. Sisihkan
2.      Panaskan wajan,beri margarine dan minyak. Tumis bawang bombay hingga harum
3.      Masukkan wortel dan jamur,tumis hingga sedikit layu. Tambahkan terigu,aduk hingga rata
4.      Masukkan susu cair dan telur. Aduk hingga tercampur rata
5.      Tambahkan keju edam,garam,merica bubuk dan oregano bubuk.
6.      Masukkan macaroni,aduk sebentar hingga rata
7.      Tuang ke dalam pinggan hingga rata. Taburi dengan keju cheddar parut
8.      Panggang dengan suhu 180ᵒC selama 50 menit hingga matang kecoklatan


Untuk isian bisa ditambah sesuai selera,bisa daging sapi/ayam giling,sosis,dagind asap dll





AMERICAN RISOLES

widget


American Risoles.. Selain nugget,amris jg dpt respon yg baik dari konsumen. Alhamdulillah.. Smoga ke depannya akan ada beraneka macam frozen food yang dibuat di dapur Nyak Ina Kitchen 


BLACK NASTAR

widget
Black Nastar yang tertunda alias ditunda2.. Alhamdulillah gak dipecat dari kerjaan tkg kuehnya 


Minggu, 01 September 2013

BOLU KETAN HITAM (PUTIH TELUR)

widget

Masih berkutat dengan putih telur J..  Dan masih ngotak-ngatik resep putih telur nami-nami yang ina coba kemaren.. Kali ini mencoba memberdayakan tepung ketan hitam yang dibeli ntah udah kpn saking lamanya,huehuehue.. Terigu dan tepung alomond ina ganti dengan tepung ketan hitam dan ditambah 1 sdm susu bubuk.. Menurut ina siy lebih enak versi sebelumnya krn ada tepung almondnya, tapi klo kata mama & si kk yg ini jauh lebih enak (selera emang beda-beda yahhh :p).. Ohya takaran gula untuk crumblenya udah dikurangin dikit jadi manisnya udh passss gak terlalu manis lagi.. Lumayan la udah ngurangin timbunan putih telur di kulkas,hehehe…



BOLU KETAN HITAM (PUTIH TELUR)

By : nami-nami & camellia modified by me

Bahan :

Cake:
6 butir putih telur (180ml)
Garam
Pasta vanila
150 gr gula pasir halus

160 gr tepung ketan hitam
1 sdm susu bubuk full cream
1 sdt tepung custard
(ayak)

100 gr mentega/margarine,lelehkan (ina 50:50)

Crumble :
20 gr gula palem
25 gr oatmeal
50 gr terigu protein sedang
30-35 gr mentega
(campur semua bahan dengan ujung-ujung jari atau garpu hingga rata)

Cara membuat :
1.      Kocok putih telur,garam dan pasta vanilla hingga berbusa
2.      Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga kaku (soft peak)
3.      Tambahkan campuran tepung,kocok rata
4.      Masukkan lelehan mentega/margarine,aduk rata dengan spatula
5.      Tuang ke dalam loyang yang telah diolesi margarine. Taburi dengan crumble
6.      Panggang dengan suhu 180ºC selama 45 menit hingga matang
7.      Angkat. Dinginkan sebentar. Keluarkan dari loyang
8.      Sajikan


Hasil : 1 loyang loaf