expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Jumat, 31 Januari 2014

MIE LABU KUNING (LAGIIIII)

widget




Oke.. Oke... Ina jujur deh.. Hari ini bikin mie labu kuning lagi. Cukup 1/2 kg terigu, jadinya udah buanyakkkk koq *pegellllll. Resepnya ada disini  


AYAM PANIKI (LAGI)

widget



Bahagia itu ketika masak banyak & semuanya pada ngumpul.. Ngumpul berlima plus2 menjadi peristiwa langka ketika ada yg menikah,ada yg sekolah lagi,ada yg kerja gak libur2,hahaha.. 

Gara2 ikutan Masbar,ada yg kecanduan makan ayam paniki. Kali ini bikin banyak, 2 ekor ayam tapi santannya cuma 800 ml krn ukuran ayam hari ini lebih kecil.. Panggang bentar trus dimakan pake nasi hangat. Nyammm,nyammm,nyammm.. Resepnya udah ada disini ya disini



Senin, 27 Januari 2014

AYAM PANIKI

widget



Hihihi. Lagi-lagi nyetor PR di saat-saat genting,mepet-mepet waktu :p. Maap,maappppp J

Tantangan Masbar kali ini adalah membuat Masakan Manado. Masakan Manado  nama dan rasanya sudah tidak asing lagi bagi kita masakan yang mempunyai ciri khas berbumbu ringan, aroma rempah daun dan rasanya yg pedas. Rasa pedas ini didapat dari cabai rawit burung yaitu cabe rawit berukuran pedas tapi menyengat. Bumbu pengharum masakan yang membangkitkan aroma tajam seperti serai ,daun jeruk, jahe, daun pandan dan kemangi dipakai dalam jumlah yg banyak dalam setiap masakan. Masakan Manado memang tidak asing lagi diantaranya, ayam masak belangga, cumi bunaken, sambel roa  dan masih dll juga dessert nya seperti Klapertart dan Es kacang merah. 

Sesuai keterangan meskipun temanya masakan manado tapi membuat dessert atau minuman juga boleh. Resep sudah ada di tangan dari awal pengumuman tapi masih bingung mau masak atau bikin kue. Pilihannya adalah Ayam Paniki atau Balapis. Bahan-bahan juga udah dibeli,tapi eksekusinya yang molorrrr dan ketika nengok kalender,watawwwww udah mau sudden death waktunya,hahahaha. Karena ina lagi suka-sukanya belajar masak jadi untuk tantangan ini ina bikin Ayam Paniki. Seperti cita rasa masakan Manado udah pasti rasanya pedeshhhhhh tapi gurih. Enak deh,hehehe. Di dalam bumbunya sudah ditambah dengan gula pasir jadi in syaa Allah rasa pedasnya sudah sedikit berkurang. Gula pasir diganti dengan madu juga enak tuh,jadi pas ayamnya dibakar jadi ada lapisan karamelnya. Resep ina dapat dari situ sajian sedap tapi sedikit ina modifikasi,dikittt aja. Yuk kita intip resepnya



AYAM PANIKI
By : Sajian Sedap, modified by Ina

Bahan-bahan :
1 ekor ayam, dipotong 8 bagian
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
1 1/2 sendok teh garam
2 sendok teh gula pasir
550 ml santan sedang dari ½ butir kelapa
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
12 siung bawang merah 
2 siung bawang putih
2 cm kunyit, bakar
8 buah cabai keriting
3 buah cabai rawit hijau
4 butir kemiri, disangrai
2 cm jahe 





Cara Pengolahan :


1.      Lumuri ayam dengan 1/2 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh air jeruk nipis. Diamkan 20 menit.
2.      Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
3.      Masukkan santan, garam, dan gula pasir. Masak sampai mendidih dan santannya berkurang sampai berminyak dan nyaris kering.
4.      Bakar ayam hingga kecoklatan. Siram dengan bumbu santan kental
5.      Sajikan hangat


Untuk 8 porsi








Minggu, 26 Januari 2014

(MASIH) MIE LABU KUNING

widget



Masih mie labu kuning. Bikin mie nya terlaluuuuu banyak jadi berlebih deh,hehehe *kemaruk..Jadi sebagian yang belum direbus ina simpan di kulkas,trus hari ini tinggal direbus bentar sampai empuk,siap diolah sesuai selera..

Kali ini dinikmati dengan bumbu kacang.. Enak,enak,enakkkk


Resepnya ada di sini



RISOLES BURGER

widget


20 pcs risoles burger otw Banda Atjeh..



Sabtu, 25 Januari 2014

OBSESI LABU KUNING#1 MIE PANGSIT LABU KUNING

widget



Gara-gara nengok postingan teman-teman yang isinya homemade noddle, ina juga jadi pngen,huhuhu.. Mie adalah makanan favorit ina. Ntah kenapa ina lebih doyan makan mie dibandingkan makan nasi. Hampir semua mie ina suka mulai mie kuning,bihun,ifumie,kwetiaw baik dalam bentuk goreng atau rebus. Dulu waktu masih tinggal di Lhokseumawe,hampir tiap Jum`at mama bikin Mie Aceh, tapi mie nya beli di Pajak Batuphat. Nahhh,mie nya itu uenakkkk bgt. Warnanya cantik,rasanya enak dan teksturnya kenyal. Ketika pindah ke Medan belum pernah merasakan mie itu seenak yang di Aceh dulu. Jadi suka parno juga nengok mie di Kedai Mie Aceh di Medan ini, warnanya orange, trus teksturnya gak kenyal, rasanya juga hambar n_n.. Beberapa waktu yang lalu ina ikut demo cooking di Hotel Grand Antares, salah satu materi yang didemokan adalah membuat mie sehat, dengan tambahan jus sayuran di dalamnya dan semua peserta demo kebagian icip-icip mie nya.. Ehhh, mie nya enak.. Kenyal.. Dan bahan rahasia untuk membuat mie kenyal adalah tepung sagu dan maizena (baru tau,hihihi).

Trus kenapa ina pilih labu untuk obsesi labu kuning perdana ini? Karena pertama tiap ke pasar (org Medan nyebutnya pajak) pasti mata langsung tertumbuk dengan labu kuning, dalam otak udah berjuta scenario untuk mengolah labu kuning menjadi berbagai macam makanan,kemarin pas nemenin mama belanja rada maksa dibeliin labu kuning dan Alhamdulillah berhasil,hehehe.. yang kedua labu kuning banyak manfaatnya dan yang ketiga pengen belajar bikin mie sendiri yang gak pake gagal deh dan keempat penasaran aja dengan bisa gak ya labu kuning dikawinkan dengan adonan mie dan ternyata bisa.. Hasilnya enak,warnanya juga cantik.. Horeeeee.. Ini adalah percobaan keempat ina bikin mie.. Dulu pernah bikin dengan air biasa, ada juga yang dengan jus bit tapi berakhir dengan kegagalan,hiks. Jadi ketika dibeliin ampia lagi (yg lama karatan gara2 ina cuci L) masih mikir2 bikin mie sendiri,takut gagal lagi,takut rugi bahan lagi :p. Okey lahhhh, prolognya udah kepanjangan langsung aja cekidot resepnya ya



MIE LABU KUNING
By : Ibu Acien mofidied by Ina

Bahan :
750 gr terigu protein tinggi
120 gr tepung sagu
60 gr tepung maizena
1,5 sdt garam
100 gr margarin
200 gr puree labu kuning
4 butir telur ukuran sedang-besar


Cara membuat :

1.      Campur tepung-tepung dan garam

2.      Tambahkan margarine dan labu kuning. Aduk rata

3.      Tambahkan telur satu persatu sambil diuleni hingga setengah kalis

4.      Bagi menjadi 8-10 bagian
5.      Gilas dengan mesin pembuat mie hingga beberapa kali, sampai adonan halus (ina sampai angka 3,tiap angka digilas hingga tiga kali dengan metode gilas lipat gilas lipat)
6.      Beri taburan tepung sagu, lalu gilas dengan pemotong bentuk mie
7.      Bagi mie menjadi bulatan-bulatan kecil lalu tutup dengan kain agar mie tidak kering
8.      Masukkan ke dalam air mendidih, rebus hingga matang
9.      Tiriskan, beri sedikit minyak agar mie tidak lengket satu sama lain
10.  Siap digunakan



PANGSIT
By : NCC,modified by Ina

Bahan :
200 gr daging ayam, blender
1 buah wortel, parut halus
100 ml air kaldu ayam
1 sdt garam
1/2 sdt lada halus
1 sdm daun bawang iris halus
1 siung bawang putih,iris halus
2 siung bawang merah,iris halus
40 gr tepung sagu
20 gr tepung terigu protein sedang

Pelengkap : kulit pangsit siap beli yg tipis

Cara membuat :
1.      Campur semua bahan hingga rata
2.      Ambil selembar kulit pangsit, isi dengan 1 sdt adonan, lipat sesuai selera
3.      Rebus atau goreng hingga matang

  
KUAH KALDU
By : Asri , modified by Ina

Bahan Kuah :
Tulang ayam bagian punggung atau sesuai selera.
1sdt merica bubuk
6 butir bawang putih beserta kulit, cuci bersih, goreng sebentar
Garam
2 lt air

Cara membuat :
1.      Rebus air dan tulang ayam hingga mendidih. Buang airnya
2.      Rebus kembali tulang ayam dengan 2 lt air, merica bubuk, bawang putih dan garam hingga mendidih
3.      Saring.
4.      Rebus lagi ± 45 menit , angkat dan sisihkan.





Mie nya enak.pangsitnya enak tapiiiii kuahnya kurang gurih.. Masih harus mencari formula utk kuah kaldu yg enak niy. 



Hmmm,abis ini bikin apa lagi ya? J



Selasa, 21 Januari 2014

CHALLENGE #1 DADAR GULUNG VLA COKLAT KEJU

widget



Challenge #1 YKMK 2014 –JPTI






Pertama kali bikin Dadar Gulung dengan Vla yang pas kekentalannya,hehehe..



Your Kitchen – My Kitchen, another group baking/cooking yang ina ikuti di fb dengan admin Lynda Maitimu TimmanLynda MaitimuAnita Jacobson dan Veronica Dhani. Grup ini baru terbentuk bulan Januari ini dan untuk challenge perdana temanya adalah JPTI (Jajanan Pasar Tradisional Indonesia). Jajanan pasar adalah favoritnya ina banget, tapi jujur jarangggg banget bikin jajanan pasar, karena di swalayan dekat rumah jajanan pasar favorit seperti risol, bakwan, lumpia, sus dll ada dan enak, jadinya males bikin sendiri, upssss.. Hehehe. Berhubung tema challenge#1 adalah jajanan pasar dan harus hasil dapur sendiri akhirnya terpaksa (terpaksa yang menyenangkan :p) bikin tapi hasil modifikasi. Semoga ini masuk kriteria challenge ya mbak-mbak (tampang memelas).


Di kulkas masih punya sisa adonan kulit risol yang dibuang sayang,dibuat risol lagi juga sayang karena tepung panir menjadi barang langka sekarang ini L. Browsing-browsing internet malah makin bingung karena semua pengen dibuat,hehehe. Setelah dipikir-pikir dengan matang dan bongkar-bongkar kotak Pandora,akhirnya ina putuskan untuk membuat DADAR GULUNG VLA COKLAT KEJU,sekalian belajar menaklukkan vla,huhuhu. Selama ini vla yang dibuat kalau gak keenceran ya kekentalan,gak pernah teksturnya pas & layak disebut vla :p. Adonan kulit risol ina ambil dari buku Aneka Jajan Pasar Populer Tim Dapur DeMedia tapi udah ina ubek-ubek sesuai selera J sedangkan Vla nya ina intip di blognya Mbak Ricke Indriani. Perpaduan yang mantap dan syenengggg bgt bisa bikin vla yg kekentalannya passsss. Ternyata ina bisa juga bikin vla,huehuehue.. Ini resep utuhnya ya







DADAR GULUNG VLA COKLAT KEJU

Adonan kulit
By : Moulina Fajrin Isra

Bahan :
250 gr tepung terigu protein sedang
125 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdt garam
3 butir telur,kocok lepas
600 ml air
300 ml susu cair
75 gr margarine,lelehkan

Cara membuat :
1.      Aduk terigu dan garam
2.      Tambahkan telur,air dan susu cair. Kocok dengan bantuan ballon whisk
3.      Masukkan margarine leleh, aduk rata
4.      Saring jika perlu
5.      Buat dadar tipis-tipis
6.      Angkat

Hasil : 35 pcs

Adonan Vla
By : Ricke Indriani, modified by Ina

Bahan :
250 ml susu cair
25 gr gula palem
Garam
50 gr keju cheddar,parut halus
30 gr tepung custard, larutkan dengan sedikit susu
50 gr dark cooking chocolate, potong kecil
1 kuning telur,kocok dengan sedikit susu
1 sdm margarine
½ sdt vanilla susu

Cara membuat :
1.      Panaskan susu,gula palem dan garam di atas api kecil hingga mulai mendidih bagian pinggirnya. Tambahkan keju parut, aduk dengan balln whisk hingga keju larut
2.      Masukkan larutan maizena, aduk terus hingga adonan meletup-letup
3.      Masukkan dark cooking chocolate, aduk-aduk hingga coklat larut. Matikan api lalu angkat
4.      Masukkan larutan kuning telur (disaring), aduk hingga rata. Lalu masak kembali hingga meletup-letup. Angkat
5.      Tambahkan margarine dan vanilla susu. Aduk hingga licin
6.      Aduk-aduk vla hingga uapnya berkurang agar vla tidak berkulit, licin dan cantik


Hasil : 12 pcs


Penyelesaian :
1.      Ambil satu lembar kulit, isi dengan 1 sdm vla. Lipat seperti meliat amplop
2.      Lalukan hingga habis
3.      Sajikan


Sabtu, 18 Januari 2014

ROTI GULUNG RAGOUT

widget







Cemilan hari ini .. Rekuesan yang ultah..Hmmm.. Seneng juga klo kue ultah gak harus cake hias,hehehe.. Resepnya udah pernah tayang disini

Kamis, 16 Januari 2014

DOUBLE CHEESE GNOCCHI SCHOTEL

widget


Masih ingat dengan gnocchi bikinan Ina? Nah,waktu itu kan bikinnya kalap,jadi hasilnya banyaaakkkk bgt,sebagian yang gak habis ina simpan di freezer deh,hehehe.. Hari ini edisi bersih-bersih kulkas dan freezer,biar bisa belanja lagi trus diisi lagi deh tu kulkas & freezernya,hahahaha..

Okey lah,karena udah lama gak bikin schotel jadi hari ini bikin schotel,dengan bahan utamanya udah pasti si gnocchi..Hidangan ini ina persembahkan untuk kk yang berulang tahun hari ini. Selain schotel ina juga bikin roti gulung isi ragout tapi rotgulnya blm digoreng,hehehe..

Gnocchi beku tinggal direbus sebentar hingga terapung,angkat.. Masak sesuai selera.. Di kulkas/freezer masih ada sedikit daging burger,air kaldu ayam, keju cheddar,keju mozzarella,telur sisa bikin pesanan, dll.. Yukkk,mari ke dapur





DOUBLE CHEESE GNOCCHI SCHOTEL
By : Ina

Bahan :
500 gr potato gnocchi rebus
1 sdm margarine
1 sdm minyak makan
1 siung bawang merah, iris tipis
1 siung bawang putih, iris tipis
½ buah bawang Bombay, potong sesuai selera
Daging burger
8 buah jamur kancing, potong sesuai selera
1 buah wortel, parut
200 ml susu cair
200-250 ml air kaldu ayam
Garam
Merica
Oregano
4 kuning telur + 2 putih telur, kocok lepas
1 sdm tepung terigu
125 keju cheddar, parut
100 gr keju mozzarella

Cara membuat :
1.      Panaskan margarine dan minyak makan. Masukkan bawang-bawangan. Tumis hingga harus
2.      Masukkan daging burger, masak hingga berubah warna
3.      Masukkan jamur kancing dan wortel,aduk-aduk hingga layu
4.      Tambahkan susu cair dan air kaldu ayam
5.      Masukkan garam,merica dan oregano. Aduk hingga rata
6.      Tambahkan kocokan telur, terigu dan sebagian keju cheddar parut. Aduk rata
7.      Tuang ke dalam pinggan tahan panas yang telah diolesi dengan margarin.
8.      Panggang dengan suhu 180ยบ C selama 30 menit
9.      Taburi dengan keju cheddar, panggang kembali selama 30 menit
10.  Taburi dengan keju mozzarella dan sedikit oregano bubuk, panggang kembali selama 5 menit
11.  Angkat. Dinginkan





Rabu, 15 Januari 2014

CHOCOCHIPS COOKIES

widget



Pas lagi ribet2nya bikin pudding cake,ehhh si kembar ke rumah.. Sambil tuang pudding busa,sambil diinterogasi.. Itu apa bunda,yang ini apa.. Abis ini ngapain lagi.. Koq kuenya ada dua? Ada yang untuk abang gak? :p.. Trus ngambek ke mamanya,sambil bilang bunda cuma bikin kue utk temannya aja,gak ada yang untuk abang J.. Segitu enaknya kah kue bikinan bunda ampe dinanti2,huehuehue..

Jadi ini dia,chocochips cookies untuk ponaan bunda yang paling ganteng,hehehe.. Bikinnya juga cuma seloyang,ini juga karena masih ada sisa adonan pesanan orang dulu (ntah udah kapan :p).. Masih gak kuat ngadon2,masih kecapean abis latbar kemaren n_n


Selasa, 14 Januari 2014

LATBAR 2 BKR MEDAN

widget

Alhamdulillah Latbar 2 BKR MEDAN dengan Materi Membuat Cake Dasar ( Sponge Cake,Chiffon Cake dan Butter Cake) telah berjalan dengan sukses pada tanggal 12 Januari 2014,meskipun masih jauh dari kata sempurna. In syaa Allah latbar-latbar selanjutnya bisa lebih baik dari kemarin. Terima kasih kepada Tutti Triana atas semua bantunannya,kak Mev Sustia Ningsih atas waktu,tempat dan pepes nasinya :p, Alfira Yoan Sari atas ilmu membuat sponge cake,membuat ganache oles dan ganache siram, ci Yulita Lim dan kak Betty Elvira utk dokumentasi foto2 latbarnya. Dan terima kasih atas kehadiran dan antusiasme dari ibu-ibu peserta latbar semuanya,yang dari Medan,dari Tebing dari Langkat bahkan yang dari Lhokseumawe. Semoga sedikit ilmu yang kami share bisa bermanfaat banyak untuk ibu-ibu semuanya.