expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Jumat, 10 Januari 2014

LBT #29 BDCK 3rd Anniversary Let’s get Baking Together : HOMEMADE BEEF BURGER

widget



 ID 123 – Moulina Fajrin Isra

Happy 3rd anniversary LBT.. Grup baking pertama yang ina ikuti. Mulai dari yang gak bisa apa-apa sampai dipaksa harus bisa membuat puff pastry sendiri,wahhh rasanya luar biasa,hehehe. Terima kasih tak terhingga untuk admin dan teman-teman segrup yang tanpa lelah berbagi resep & berbagi ilmu *pelukkk eratttttt. Selama 3 tahun,ina hanya sekali absen ketika PR Kompyang,hadeuhhhh sudah berbulan-bulan kompyangnya belum jadi-jadi juga,hihihihi. Maap,maapppp :p

Ketika membaca deskripsi PR yang mengharuskan untuk membuat BDCK,wahhh sempat males juga,karena tanpa event-event ulang tahun anggota rumah cake hias termasuk kue yang kurang laku di rumah n_n. Setelah membaca komentar-komentar admin oh ternyataaa BDCK tidak harus cake hias yang penting kue yang dipanggang atau dibakar,fiuhhhh. Dan karena kami sekeluarga pecinta yang gurih-gurih jadi ina membuat Beef Burger karena masih ada sisa adonan daging burger di freezer yang sudah beberapa waktu teronggok minta diolah,hehehe.

Ini adalah yang kedua kalinya ina membuat Bun Burger sendiri dan puas dengan hasilnya meskipun udah dua percobaan roti bunnya gak sebesar yang dijual-jual itu L,tapi untuk rasa dan tekstur roti udah mirip dengan yang ina makan ketika di Lhokseumawe dulu. Resep roti burger ina ambil dari blognya Mbak Rina Rinso,tapi cara pembuatannya/fermentasinya seperti fermentasi roti biasa saja hanya ditutup dengan serbet. Cara memanggangnya roti ini berbeda dengan roti biasanya,dimana adonan roti diuapkan sehingga menghasilkan tekstur yang renyah diluar tapi tetap lembut di dalam,suka deh sukaaaa J. Dan dalam waktu singkat burger yang ina buat ludes dimakan,senangnyaaaaa ^_^, meskipun malamnya sedikit meringis gara-gara tangannya pegel gara-gara nguleni roti,huehuehuehu. Ini resepnya ya 



Bun Burger
By : Rina Rinso, modified a bit by Ina

Bahan :
1 cup (250 ml) air atau susu dingin ---> pisahkan jadi 2, yaitu 200 ml dan 50 ml
2 sdt ragi instan (misalnya fermipan, mauripan, saf, dll)
2½ sdm gula
1 sdt garam
1 butir telur
3 cup (420 gr) terigu protein tinggi (misalnya cakra)
1/3 cup (42 gr) terigu serba guna (misalnya segitiga biru)
2½ sdm butter salted

Olesan :
1 butir kuning telur
Biji wijen

Cara membuat yang sudah di sesuaikan ala rina rinso :
1. Campur tepung terigu protein tinggi, serba guna, ragi instan, gula, telur dan 200 cc susu/air dingin. Aduk rata. Dan mulai uleni. Kalau cairan (susu atau air) dirasa masih kurang tambah dengan cairan yg tersisa 50 cc sedikit demi sedikit sampai adonan tidak lengket. Tetapi perhatikan juga akan ada lemak (butter atau margarin) yg dimasukkan yang bisa membaut adonan lebih basah. Jadi sebaiknya jangan menambahkan cairan terlalu banyak. Karena kalau nanti terlalu basah mesti nambah terigu. Dan kalau nambah terigu bisa jadi hasil rotinya kurang lembut.

2. Setelah adonan setengah kalis masukkan lemak (butter atau margarin) dan uleni sampai kalis dan elastis.

3. Terakhir masukkan garam. Uleni lagi sampai benar-benar garamnya tercampur rata dengan adonan.

4. Setelah adonan kalis dan elastis bulatkan dan istirahatkan sampai mengembang 2 kali lipat.

5. Setelah adonan mengambang 2 kali kempiskan untuk mengeluarkan udara, kemudian bagi adonan @ 70 gr.

6. Setelah adonan dibulatkan, tekan adonan sampai pipih supaya hasilnya bun burger akan melebar dan tidak terlalu naik ke atas/tebal. Setelah itu letakkan dalam loyang yang sudah dioles dengan mentega. Lakukan terus hingga seluruh adonan habis.

7. Setelah adonan selesai dibentuk tutup dengan serbet dan biarkan lagi hingga mengambang 2 kali lipat.

8. Panaskan oven sampai suhu 200 derajat celsius. Siapkan air mendidih.

9. Kalau adonan bun burger sudah mengambang 2 kali, oles bagian atas dengan bahan kuning telur dan taburi dengan biji wijen (sesuai selera).

10 Di dalam oven paling bawah letakkan loyang dan beri air panas mendidih. Kemudian letakkan loyang yang berisi adonan bun burger di rak atas. Oven selama 15-20 menit. Sesekali putar loyang sehingga semua mendapatkan aliran panas yang sama.


Beef Burger

Untuk daging burger ina dapat dari resep teman arisan mama di Lhokseumawe dulu,tapi sudah dimodifikasi dan hasilnya enak banget,hehehe.

By : Tante Syarifah,modified by Ina

Bahan :
1 kg daging has dalam (blender,jgn terlalu halus ya,msh ada serat2nya lbh enak)
2 sdt garam (kurang lebih)
1 sdt merica bubuk (pake merica hitam lbh enak :p)
4 butir telur ukuran sedang
2 sdm kecap inggris
1 buah bawang Bombay,cincang agak halus,tumis dengan ½ sdm margarine sampai harum
3 buah roti gandum,bakar lalu haluskan

Cara membuat :
Campur daging dengan garam dan merica,aduk rata
Tambahkan telur, kecap Inggris dan bawang Bombay yang sudah ditumis,aduk rata
Tambahkan roti,aduk rata.
Bentuk sesuai selera
Bakar di atas teflon hingga sisinya kecoklatan









Tidak ada komentar:

Posting Komentar