expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Senin, 02 Desember 2013

MINI APPLE PIE

widget



Kebetulan masih ada 4 buah apel di kulkas,jadi langsung disulap jadi Apple Pie,tapi ina buat versi mininya jadi gampang untuk dimakan gak perlu pisau lagi,hehehe.. Resep tetap pake resepnya Mbak Ricke,dengan sedikit modifikasi aja.. Tadi hasil akhirnya jadi 14 buah mini pie.. Ini ina tulis lagi resepnya ya


Apple Pie
By : Ricke,modified by Ina

Bahan crust:
250 gram terigu all pupose (segitiga biru)
1 sdm gula bubuk
1 sdm susu bubuk
175 gram margarin/butter, bekukan dan potong-potong dadu
1/2 sdt garam
5 sdm air es (airnya dingin banget yah), tambahkan sesendok demi sesendok yaaaa....

Bahan filling:
4 buah apel
1 sdt air jeruk nipis
50 gr gula pasir halus (tergantung selera manisnya)
1 sdm gula palem
1/2 sdt kayu manis bubuk (bisa ditambah sesuai selera)
Sejumput garam (1/8 sdt)
1 sdm maizena/terigu
25 gram margarin/butter, bekukan dan potong-potong dadu kecil

Olesan: 1 kuning telur, kocok lepas

Cara membuat:
Crust:
1. Campur terigu, gula bubuk,susu bubuk dan garam. Aduk rata. Masukkan margarin/butter beku, proses dengan menggunakan pisau pastry (atau dua buah pisau biasa) hingga adonan berbutir-butir. Masukkan air es sesendok demi sesendok sambil diuleni dengan sendok kayu hingga kalis. Hentikan penambahan air jika adonan dirasa sudah cukup kalis, atau tambahkan jika dirasa masih kering.
2. Bagi 2 adonan. Bungkus masing-masing dengan plastik wrap (atau plastik biasa juga bisa). Istirahatkan dalam lemari es selama kurang lebih 1 jam.

Filling:
1. Kupas apel dan potong dadu. Campur dengan air jeruk lemon. Aduk rata. Masukkan gula pasir halus, gula palem, kayu manis bubuk, dan garam. Aduk rata. Simpan dalam lemari es minimal 30 menit hingga apel berair (keluar juicenya).
2. Keluarkan dari lemari es. Taburi maizena dan aduk rata. Panaskan apel bersama juicenya di atas api hingga mengental dan apel agak lunak. Angkat. Sisihkan.


Penyelesaian:
1. Ambil 1 bagian adonan, gilas tipis setebal kira-kira 1/2 cm. Letakkan dalam loyang pie diameter 18 cm yang telah dioles margarin. Ratakan dan cetak sesuai bentuk loyang.
2. Masukkan dan tata 1/2 bagian filling apel di atas adonan, kemudian tata potongan margarin/butter beku menyebar. Masukkan lagi 1/2 bagian sisa filling. Ratakan. 3. Gilas sisa adonan crust. Gunakan sebagai penutup di bagian atas, bisa dengan: - Dipotong memanjang untuk membentuk lattice (anyaman) - Langsung diletakkan selembar di atas loyang dan bentuk lingkaran sesuai loyang, kemudian tekan-tekan pinggirannya agar merekat dan buat sayatan (lubang) di beberapa tempat untuk tempat keluarnya uap panas. - Dibentuk dengan cookies cutter kemudian tata di atas loyang.
4. Oles dengan kuning telur dan panggang dengan suhu 180'C selama 45 menit hingga matang kecoklatan dan juice apelnya terlihat mendidih. Angkat.
5. Biarkan dalam loyang hingga agak dingin. Baru keluarkan dari loyang dan dipotong-potong.

Notes:
- Jangan mengaduk adonan dengan tangan langsung. Panas dari tangan akan membuat hasil pienya menjadi keras. - Adonan diistirahatkan dalam lemari es bertujuan untuk melunakkan gluten dalam terigu dan mendinginkan margarin/butter dalam adonan. Jadi hasil pienya renyah dan tidak keras. - Letakkan loyang pie di atas loyang tipis (loyang kuker) baru dimasukkan ke dalam oven. Untuk menjaga aja klo ada juice apelnya yang keluar saat dipanggang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar