expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Minggu, 07 April 2013

NUGGET AYAM TEMPE

widget


Seneng bgt bisa bikin nugget sendiri...Ternyata bikin nugget gak susah ya dan yg pasti anti bantat,wkwkwkw....Makasi utk Pak Wied Harry bwt resep nugget ayamnya yg enak...Alhamdulillah si kembar doyan n_n


NUGGET AYAM TEMPE
by : Wied Harry modified by me

Bahan :
400 g daging ayam tanpa kulit, potong-potong
200 gr tempe,potong dadu
2 butir telur ukuran sedang
3 siung bawang putih, cincang halus
3 siung bawang merah,cincang halus
150 g bawang bombai, cincang halus
200 gr roti tawar tanpa pinggiran
350 ml kaldu ayam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 sdm susu bubuk
Oregano bubuk/daun seledri cincang
minyak goreng untuk mengoles, menumis, dan menggoreng

Pelapis:
200 gr tepung terigu protein sedang/rendah (tambah susu bubuk dikit biar enak n_n)
200 g tepung panir/bread crumbs (tambah garam dikit biar berasa)
5 butir putih telur (pake telur utuh juga bisa,tapi ina suka gak tahan ama amisnya klo udh dingin n_n)

CARA MEMBUAT:
1. Olesi loyang 20x20x6 cm dengan minyak goreng. Lapisi daun pisang atau kertas aluminium *ina pake kertas roti, sisihkan. Panaskan dandang berisi air untuk mengukus di atas api kecil.
2. Haluskan daging ayam dan telur dengan food processor/grinder/blender. Sisihkan.
3. Tumis bawang putih dengan 3 sdm minyak goreng hingga harum. Tambahkan bawang merah dan bawang bombai, aduk-aduk hingga layu, angkat. Sisihkan.
4. Rendam roti dengan sebagian kaldu,biarkan meresap,blender hingga halus. Haluskan tempe bersama air kaldu dengan bantuan blender. Tambahkan daging, bawang tumis, merica, garam,susu bubuk dan oregano bubuk. Aduk rata.
5. Besarkan api kompor ke nyala sedang.
5. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan. Masukkan ke dalam dandang. Kukus hingga masak (30 menit), angkat. Sisihkan hingga dingin.
6. Bila perlu simpan 4-12 jam dalam lemari es, agar lebih mudah dipotong dan hasil potongannya mulus. Potong-potong sesuai selera. Gulingkan potongan nugget dalam tepung terigu, celupkan dalam putih telur, gulingkan lagi dalam tepung panir yang sudah ditambah dengan sedikir garam.
7. Simpan dalam freezer lemari es. Tahan hingga 2 minggu.


ULASAN WIED HARRY:
*Resep dasar nugget ini bisa digunakan untuk membuat nugget daging sapi, nugget udang, nugget cumi, nugget teri (basah). Anda hanya tinggal mengganti daging ayam dengan bahan lain.
*Jika adonan nugget hendak dicampur sayuran, tambahkan maksimum 100 g wortel serut halus/kuntum brokoli cincang.
*Dalam resep ini sengaja tidak digunakan daging ayam giling (beli di supermarket), karena umumnya ayam giling dicampur dengan kaporit agar tahan lama dan warnanya lebih putih.
*Jika ingin mengurangi jumlah campuran roti tawar, kurangi separuh roti dan separuh kaldu, sehingga tinggal 100 g roti tawar dan 175 ml kaldu.
*Agar nugget tetap bisa awet hingga 2 minggu, simpan nugget dalam beberapa bagian agar ketika diperlukan tidak perlu seluruh nugget harus keluar-masuk freezer.
*Resep ini bisa menggunakan 1 butir telur saja, tetapi adonan nugget kukus yg telah dingin harus disimpan dulu semalaman (12 jam) dalam lemari es, agar mengeras dan lebih mudah dipotong. Kalau mau gurih dan lebih "pegangan", boleh menggunakan 2 butir, tetapi ketika nugget digoreng, minyak goreng akan berbusa.
*Selain digoreng, nugget enak juga jika dipanggang dalam oven. Sebelum dilapis dengan telur kocok dan tepung panir, potong-potong adonan nugget lebih tipis; kemudian bekukan. Atur nugget beku di loyang kue kering, panggang dalam oven bersuhu 150 oC hingga nugget kering (20-30 menit) - tergantung tebal-tipisnya nugget



Tidak ada komentar:

Posting Komentar