expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Senin, 11 Juni 2012

LBT#15 BRANDY SNAPS

widget

LBT#15 BRANDY SNAPS

NO. URUT 123

Brandy Snaps adalah salah satu dessert dari negara Inggris, Irlandia, Australia dan New Zeland. Di negara Perancis disebut juga Gâteaux Croquant à la Crème.

Terbuat dari gula, butter, golden syrup,tepung, jahe bubuk, dan cream. Sesuai dengan namanya tentu kue ini bisa juga TIDAK menggunakan minuman Brandy yang mengandung alkohol. Di beberapa link / blog resep-resepnya tidak menggunakan Brandy.

Dari bahan mudah di dapat dan cara pembuatan di kerjakan, tetapi sedikit tricky. Membentuk Brandy Snaps dalam bentuk yang di inginkan dapat menggunakan peralatan yang sudah tersedia di dapur dan salah satu tips yang harus kita ingat adalah pada saat melelehkan gula dan butter JANGAN diatas api besar dan terlalu lama dimasak karena akan mennjadi pengkristalan. Jadi adonan HARUS tetap diaduk secara perlahan hingga adonan lembut dan mencair.

Katanya golden syrup bisa diganti dgn madu,tp ada yg udh nyobain pake madu trus hasilnya lengket di loyang,jadiii dgn jiwa yg rajin ina bikinlah homemade golden syrup dari resepnya Mbak Intan Tarmedi,1/2 resep aja siy dan hsl akhirnyaaaa jadi selai,huhuhu… Kekentalan dan warnanya berubah jadi burem jelek gitu,hiks2. Mana bikinnya jg perjuangan bgt,krn hrs diaduk2 trs biar gak mengkrista,ehhh hslnya mengecewakan,huwaaa… Mau bikin lg udh keburu ilfil,jadi 3 hari semedi dulu lah,hahaha… Baca statusnya Mbak Mira,golden syrupnya diganti dgn glucose & it works… Jadi membulatkan tekad ya udh lah bikin pake madu aj la,kan gak punya glucose :p,daripada bikin golden syrupnya trus gagal lg… Percobaan pertama bikin brandy snaps
gagal total,gak total2 kali la,ada dua buah yg rada bagusan,huehueh.. Tapiii,ina pergi bentar ehhh pas plg ke rumah lah itu si brandy snapsnya udh diembat si kk, padahal udh diniatin bgt yg itu aj yg disetor,krn gak yakin bisa bikin yg lbh bagusan lg,huhuhuu… Akhirnya tadi pagi bikin lg,sambil berharap biar hasilnya lbh bgs,lbh indah dipandang mata,heeee… Dan hasilnya jauhhhh lbh bgs dari yg pertama,mirip la ama yg di video ituh,heheh…yahhh,meskipun ada bbrp jg yg lengket,gocong & hancur pas mau dibentuk mangkuk :p… Rasanya mirip2 semprong gitu ya,kriuk2.. Resepnya pake yg ditulis di di dokumen ya,dgn bhn2 yang ada di rmh J


BRANDY SNAPS
By : Moulina Fajrin Isra

Bahan :
50 gr margarine
50 gr gula pasir
50 gr madu asli

50 gr tepung terigu protein sedang
½ sdt jahe bubuk

Cara membuat :
1. Panaskan Oven 150°C. Olesi Loyang dengan margarine (tipis aja)
2. Timbang butter, gula dan golden syrup, masukkan kedalam panci dan taruh diatas api kecil. Secara perlahan di aduk terus hingga gula meleleh dan tercampur rata (sekitar 7-10 menit). Angkat dan diamkan sebentar.
3. Ayak tepung dan jahe bubuk, masukkan langsung ke dalam panci, aduk sebentar hingga tercampur rata.
4. Sendokkan secukupnya adonan (1 sdt) ke atas Loyang (ina per batchnya 2 buah aja).
5. Panggang sekitar 6 - 8 menit, hingga adonan berwarna kecokelatan. Angkat dari Oven dan diamkan hangat, angkat menggunakan pisau tipis, balikan dan gulung di atas pegangan sendok kayu yang sudah di olesi tipits mentega atau minyak. Diamkan di dalam suhu ruangan hingga adonan dingin.
6. Siap di beri isi dengan whipped cream atau lainnya sesuai selera.


Tips :
1.Jangan dilelehkan di atas api besar dan terlalu lama di aduk hingga adonan menjadi keras ( kristal )
2. Golden syrup dapat di ganti dengan madu atau simple sirup atau glucose.


Hasil : ± 15 buah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar