expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Kamis, 29 Mei 2014

LAPIS LEGIT GULUNG KUKUS : HomeWork #01 KB 2014 (Variasi Lapis Legit)

widget
Untuk pembaca setia Nyak Ina Kitchen J. Maaf udah hamper dua minggu gak gak update blog. Bukannya malas, lagi liburan atau lagi sok sibuk tapiiiii modemnya kesambar petir jadi gak bisa ngupadate apa pun,huhuhu. Alhamdulillah baru aja teknisinya datang dan mengganti modem jadi bisa ngisi kekosongan blog inih, hehehe



Group KB ini adik-nya dari YKMK (Blog dan Non Blog).
Hanya saja Kitchen BLOG, pada tiap HomeWork yang di lombakan di peruntukan buat member yang memiliki BLOG.
Tantangan perdana dari grup ini adalah membuat Lapis Legit :p
Dari awal baca tantangannya langsung mengkeret, langsung bilang ijin gak ikut sama Mbak Lynda admin KB (pengecut,hahaha). Gimana yaaaa, gak kuat harus melapis2 cake,mana ovennya gak punya api atas. Hmmm itu kue ampe 2 taon juga gak mateng2 atasnya,hehehe. Ditambah mikirin kalorinya yang sejuta ituh, udah kebayang aja jantung korener, stroke, bypass,kwkwkwkw. Lebay bgt ya,hihihi. Bahkan resep-resep yang katanya ekonomis teteup aja pake telur dan mentega yang banyak,huhuhu.

Kebetulan ada yg upload lapis legit kukus,hmmm setau ina lapis legit itu dipanggang ehhh ternyata sekarang ada yang dikukus dan dengan bahan yang lumayan ekonomis dibandingkan dengan yang panggang. Tapi memang pembuatan lapis legit kukus agak sedikitttt berbeda dibandingkan lapis legit panggang karena utuk mendapatkan efek kecoklatan dan tampak berlapis2 di tiap lapisannya ditaburi dengan coklat bubuk. Boleh juga niy idenya,hihihi 

Akhirnya dapatlah resep yang menurut ina aman untuk ina yg high kolesterol ini (maklummmm org aceh makannya enak2 terus makanya kolesterol,hehehe). Dalam resep ini tanpa margarine/mentega tapi menggunakan minyak goreng. Untuk rasa ya bedalahhh dengan lapis legit yang full mentega,hehehe. Tapi menurut ina lapis legit ini udah lumayan enak koq. Resep aslinya pake loyang ukuran 22 cm tapi karena dandangnya kecil cuma bisa masuk loyang 18 cm dan setelah jadi kuenya pendekkkk alhasil terpaksa harus digulung juga seperti resep aslinya. Yahhhh namanya loyang beda ukuran jadi waktu digulung agak sedikit patah tapi lumayan la gak sampe terbelah, kwkwkwkw. Ternyata materi latbar membuat bolu kukus gulung gak sia-sia, ilmunya bisa ina praktikkan meskipun belum SEMPURNA (gaya Demian :p). ini adalah bolu gulung ina yang ke-12, dan baru kali ini hasilnya bagus. Gak bantat dan bisa digulung. Rasanyaaa luar biasa bahagia, seperti mendapatkan hadiah oven gas idaman,kwkwkwkw (hiperbola)

Yuk ahhhh prolognya udah kepanjangan, ini tuliskan resepnya ya. Udah dimodif dikit,hehehe



LAPIS LEGIT GULUNG KUKUS
By : Sajian Sedap, modified by Ina

Bahan :
5 kuning telur
2 putih telur
40 gram gula pasir
Garam

50 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh bumbu spekuk 

40 gram minyak goreng 

1 sendok teh cokelat bubuk untuk taburan 

Selai Blueberri untuk olesan 


Cara Pengolahan :0
Kocok telur, gula pasir, dan garam sampai mengembang dan putih
Tambahkan tepung terigu dan bumbu spekuk sambil diayak dan diaduk rata.
Masukkan minyak goreng, aduk lipat.
Tuang 1 sendok sayur adonan di loyang 22x22x3 cm (ina pakai ukuran 18 cm) yang dialas kertas roti. Kukus 5 menit dengan api sedang.
Ayak cokelat bubuk tipis-tipis. Tuang sesendok lagi adonan. Kukus 5 menit. Ayakkan lagi cokelat bubuk. Tuang sisa adonan. Kukus lagi 10 menit.
Angkat. Oles dengan selai blueberri. Gulung dan padatkan.




Alhamdulillah meskipun dalam pembuatan lapis legit ini banyak kendalanya, mulai dari listrik yang nyaris jatuh pas lagi ngocok plus bener2 mati lampu pas baru ngukus selapis tapi hasilnya enak dan layak makan deh,hahahahaa. Enak siy tapi agak kering dikit gak ngerti juga kenapa,mungkin kandungan lemaknya kurang ya.

Ina mulai bikin lapis legit ini pas abis ngaduk dua wajan selai nanas (nekatttt,hihihi). Badan udah capek tapi masih ngotot mau bikin peer. Ehh tapi betewe, klo dipikir2 ini sebenarnya sponge cake yang dibikin ala lapis legit deh. Tapi apa pun yang penting untuk pr kali ini gak jadi absen, lapis legitnya tetap dibikin :p. Smoga diterima dengan tangan terbuka ya mbak J




Tidak ada komentar:

Posting Komentar