expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Kamis, 29 Mei 2014

SELAI NANAS

widget


Selai nanas buatan sendiri memang jauh lebih enak dari selai bikinan pabrik. Hanya dengan empat bahan utama sudah bisa membuat selai nanas yang enak, alami, tanpa bahan pewarna dan tanpa bahan pengawet. Tanpa pengawet pun selai nanas ini bisa bertahan satu tahun jika disimpan di kulkas.

Selai nanas ini ina buat untuk materi latbar salah satu grup di fb. Dan bikinnya sampai tiga ronde. Jadi wajar aja selama beberapa hari gak ngudpate blog, capek euy. Masak selai aja ampe basah kuyup kayak keguyur hujan, hahaha.

Dulu ina pernah bikin selai nanas, hasilnya mengerikan. Selainya kehitaman dan keras. Dan karena udah kesel alhasil si selai ina tambahin air panas, hahaha. Dan ternyata cara pembuatannya yang salah. Nah berbekal ilmu yang dishare oleh Mbak Ricke Indriani, akhirnya ina bisa bikin selai nanas yang layak dari segi penampilan, warna dan rasa,huhuyyyyy. Kalau dulu bikin selai nanas dari awal dimasak gula pasirnya udah dimasukkan jadinya kayak yang ina cerita di atas, apalagi nanas medan ini airnya banyaaakkkk banget, makanya proses pemasakan jadi lama untuk selainya jadi kering. Ada juga siy resep yang air nanasnya ini disaring tapi ina gak pernah nyaring air nanasnya karena buat ina jus nanasnya ini lah yang bikin enak. Dan ina juga gak suka selai nanas yang beraroma rempah-rempah, makan nastar jadi agak mengganggu klo tercium aroma rempahnya,huhuhu.

Gak ada takaran baku untuk membuat selai nanas ini. Karena tiap nanas punya karakteristik yang beda. Ada yang asam, ada yang manis, ada yg airnya dikit dan ada yang airnya banyak. yang penting cara masaknya aja yang harus diperhatikan


SELAI NANAS
Source : Ricke Indriani

Bahan :
Nanas, kupas dan buang matanya
Garam halus
Daun pandan, sobek-sobek
Gula pasir

Cara membuat :
1.      Parut atau blender nanas. Masak nanas dengan garam dan daun pandan
2.      Masak sampai airnya habis
3.      Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga lengket dan mengering
4.      Angkat dan dinginkan
5.      Simpan di kulkas untuk mengurangi kadar airnya





Tidak ada komentar:

Posting Komentar