expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Minggu, 21 November 2010

Muffin Vanila Keju


Bikin muffin krn udh kelewat capek bikin risol hari sblmnya, bahannya ada smua, bwtnya gampang tinggal campur2, aduk trus dipanggang, jadi deh, hehehehe. Resep aslinya Muffin Vanilla Chocochips dari blognya Mbak Ricke Indriani, tapi udah dimodif sesuai keinginan ajah, qiqiqiqi. mw nengok resep aslinya bisa ke http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/2009/02/muffin-vanilla-chocochips.html.....Yuk qta intip resepnya


Bahan:
- 200 gram tepung terigu protein sedang

- 1 sdm baking powder
- ½ sdt baking soda
- 110 gram gula pasir halus (bisa ditambah klo pngen lbh manis)
- 100 ml minyak sayur (diganti mentega atw margarin jg bisa)

- ¼ sdt essense vanilla/pasta vanilla
- 1 butir telur, kocok lepas
- 150 ml buttermilk (susu cair + 1 sdt air jeruk nipis)
- 50 gr keju parut

Topping :

-chocolate ganache

-sprinkle


Cara membuat:
1. Campur bahan kering: tepung terigu, gula pasir, baking powder dan baking soda dan keju parut. Aduk rata dalam wadah agak besar.
2. Dalam wadah lain campur bahan basah: minyak sayur, essence vanilla, telur dan susu cair. Aduk rata. Tuang ke campuran bahan kering tadi (campuran terigu).
3. Aduk rata dg whisker atau spatula karet dalam beberapa kali adukan saja. Cukup sampai campuran tepungnya moist dan adonan bertekstur ‘lumpy’ (kayak lumpur).
4. Tuang ke paper cup muffin setinggi ½ cup saja karena adonan akan mengembang.
5. Oven hingga matang kekuningan, sekitar 20-30 menit

6. Lebih lezat disajikan hangat.

7. Olesi dgn chocolate ganache & taburi dgn sprinkle


Tipsnya Mbak Ricke:
- Pada saat mencampur bahan basah dan bahan kering, aduk adonan dg whisker atau spatula karet dalam beberapa adukan saja sampai adonan tepungnya moist dan bertekstur ‘lumpy’ (kayak lumpur). Mungkin akan terlihat adonan tidak halus dan banyak gumpalan-gumpalan, tapi biarkan saja karena ini yg akan membentuk tekstur muffin (sok tauuuuuuuuuuu….). Jangan diaduk terlalu lama karena akan menyebabkan hasil akhir muffin menjadi keras (kata-kata dari master muffin, Mba Vania-aku copy kata-katamu ya Mbaa…)
- Panggang muffin dg suhu oven yg cukup panas (sekitar 180-200 deg Celcius) agar muffin bisa mengembang dg baik. Jangan lupa utk memanaskan oven selagi kita membuat adonannya ya… (panggang dengan suhu 200ºC selama 10 menit, kemudian turunkan ke 180ºC sampai matang)


Chocolate Ganache

Resepnya msh setia ama punya mbak ricke :

500 gr dark cooking chocolate, potong kecil2
500 ml whip cream cair atw 200 gr whipped cream bubuk ditmbh 400 ml air/susu cair
75 gr mentega tawar

Cara membuat :

Panaskan whip cream cair hingga lembut dan hangat di atas api kecil. Masukkan dark cooking chocolate dan butter. Aduk hingga meleleh. Matikan api. Aduk terus hingga tercampur rata dan kental. Dinginkan, tutup dengan plastic wrap, masukkan dalam lemari es semalaman (di freezer juga boleh). Ketika akan digunakan, kocok dengan mixer hingga lembut dan ringan. Siap digunakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar