expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Minggu, 10 November 2013

LBT#27 BISCOTTI : PALM BISCOTTI

widget






Biscotti adalah kukis nan kering, bentuknya lonjong yang sepintas mirip bolu kering karena bahannya boleh dibilang mirip, tetapi biasanya biscotti kaya dengan almon, karena teksturnya yg keras dan kering, ada kebiasaan sebelum memakannya, akan dicelupkan dahulu kedalam kopi.

Kenapa biskuit ini bertekstur keras, kononnya jaman dahulu kala Biscotti ini, untuk ransum tentara, dan untuk perbekalan perang karena kukis ini bisa bertahan lama

Aslinya Biscotti ini adalah kukis almon. Namun seiring berkembangnya jaman rasa Biscotti pun mulai variatif, bukan hanya almon , jenis kacang2 lain pun bisa dipakai, seperti hazelnut, pistahio, walnut dll. Memang ciri khas Biscotti ini selalu ada penambahan kacang didalam resepnya, tetapi buah2an kering dan potongan coklat  bisa dicampurkan  juga kedalamnya, dan penggunaan tepung juga  bisa diganti  atau dicampur dengan tepung lainnya seperti whole wheat, cornmeal dll.

Dari resep yang kami pelajari dan coba, ada perbedaan, yang menggunakan butter/ mentega didalamnya ,   resep yang  tanpa butter ( asli )  dan resep yang menggunakan vegetable oil.

Aslinya memang Biscotti ini tanpa butter, mungkin karena tekstur Biscotti yg tanpa butter/ mentega cenderung lebih keras, dan penambahan butter membuat Biscotti lebih renyah. Begitupun dengan resep yang menggunakan tambahan  vegetable oil atau cooking oil, teksturnya  padat tapi renyah.

Biscotti.. Biscotti.. Pertama kali dengar ketika membaca salah satu novel Harlequin.. Penasaran dan akhirnya browsing2 dan dapatlah resep Mbak Endang justtryandtaste.. Karena pemalas yaa resepnya cuma menuh2in file aja,tanpa ada niat utk dieksekusi,hehehe.. Dan karena biscotti menjadi PR LBT ya akhirnya dicoba lah resep ini dgn modifikasi sesuai selera,hueee..

Pengen bikin biscotti coklat tapi gak pengen pake coklat bubuk,nah lohhh.. Akhirnya demi memenuhi keinginan biscotti yg kecoklatan,sebagian gula pasir ina ganti dgn gula palem.. Hasilnya enak,manisnya juga pas (gulanya lumayan byk dikurangin),harummm.. Tapi kacang & kismisnya krg byk jadi rasanya nanggung *marukkacang&kismis J.. Rata2 resep biscotti menggunakan baking powder lumayan byk,tapi di resep ini ina skip,tp hslnya ttp enak & renyah koq.. Overall puas,gak pake ribet & gak bikin skt ati kyk pas bikin pr Kue Satu,huehuehue.. Ohya teksturnya memang agak sedikit keras krn pada dasarnya biscotti dimakan dgn cara dicelup tapi ina mknnya gitu aja tanpa dicelup,msh anget2 udh lumayan kenyang jg mkn biscottinya,hihihi.. Resep aslinya bisa diintip di sini




PALM BISCOTTI
By : Endang modified by Ina

Bahan:
50  gram margarine
70 gr mentega
100 gr gula pasir
75 gr gula palem

2 butir telur ayam, suhu ruang


¼ sdt vanilla susu
280 gram tepung terigu serba guna
1 sdm susu bubuk coklat
(ayak dan aduk rata)

50 gr kacang mete, sangrai sebentar hingga agak kecoklatan, cincang kasar
50 gr kismis/sultana
50 gr almond flake,sangrai
50 gr chocochips

Cara membuat:
1.      Panaskan oven, set disuhu 180'C. Siapkan 2 loyang loaf. Olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti.

2.      Dalam mangkuk mixer dengan kecepatan sedang, kocok mentega, margarine,gula pasir dan gula palem hingga rata. Tambahkan telur satu per satu,kocok hingga rata

3.      Masukkan kacang2an,kismis dan chocochips,aduk rata

4.      Masukkan campuran terigu, aduk rata menggunakan spatulaAdonan yang terbentuk kaku dan agak lengket.

5.      Masukkan adonan biscotti ke dalam loyang loaf, ratakan permukaannya hingga smooth. Jika lengket gunakan jari-jari tangan anda yang telah dicelupkan ke dalam air.

6.      Panggang biscotti selama 35 menit atau jika permukaannya telah mulai kecoklatan dan mengeras. Keluarkan dari oven dan dinginkan biscotti.

7.      Potong-potong biscotti melintang dengan tebal kira-kira 1 - 1 1/2 cm, pastikan biscotti telah dingin saat anda memotongnya karena kue akan retak dan patah jika masih panas. 

8.      Tata potongan biscotti di loyang dengan sisi potongan menghadap ke atas kemudian panggang kembali selama 10 - 15 menit, keluarkan dan balik potongan biscotti karena kita akan memanggang sisi sebelahnya. Hati-hati saat membaliknya, ketika masih panas cookies  sangat rapuh. Panggang biscotti 10 - 15 menit hingga cookies kering dan crispy. Biscotti akan semakin keras jika dingin jadi jangan terlalu lama memanggangnya. Keluarkan dari oven, dinginkan dan masukkan ke dalam wadah tertutup rapat. 



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar