expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Minggu, 20 Juli 2014

KAASTENGELS

widget


Hufttt. Nyaris dua minggu sejak terakhir ngeblog. Maklum ina nya sok sibuk gitu,hihihi. Alhamdulillah selama dua minggu ini ngerjain pesanan kue kering dan baru kemarin siap. Pesanannya siy gak banyak karena emang ina sangat membatasi jumlah pesanan yang masuk. Bukannya menolak rejeki tapi tau dan sadar diri. Gak pengen kayak puasa-puasa sebelumnya yang lewat gitu aja, pengen bener2 fokus ibadah, shalat tepat waktu gak kayak dikejar2 setan shalatnya di waktu injury time,hiks. Pengen bisa ngaji, target khatam blm bisa terpenuhi,hiks tapi Alhamdulillah bisa ngaji tiap hari udah adem banget. Pengen ada cukup waktu utk ngumpul2 bareng keluarga, bisa jalan2, bisa tidur siang,hehehehe. Bisa bantuin mama masak utk menu buka puasa dll.


Karena seperti kata ustadz Wijoyanto bukan masalah sedikit atau banyaknya penghasilan yang kita dapat tapi berkah atau tidaknya penghasilan kita. Semoga uang yg ina dapat ini berkah, yang pesan kue juga hepi. Bukan hanya raga yang perlu dikasi makan tapi jiwa juga J. Ina termasuk orang yang gak bisa begadang bukan gara2 Haji Rhoma ya, tapi emang badannya gak bisa dipaksa untuk kerja. Ina sayang tubuh ina jadi istirahat harus cukup, maksimal 8 jam dan berkualitas. Maaf kalau ada pesanan-pesanan yang harus ditolak, tapi emang waktunya udah mepet mau lebaran dan secinta2nya ina dengan dunia pastry tapi ina gak pengen pekerjaan ini jadi beban, karena terlalu mahal harganya sebuah pekerjaan kalau kita tidak punya waktu untuk menikmati hidup. Cukup deh filosofinya,hehehe.


Untuk mengobati rasa kangen ina blogging, ina kasi bocoran dikit tentang resep Kaastangel yang ina biasa ina bikin. Ina bukan pecinta kukis keju, tapi schotel, cheesestick, akar kelapa yg full keju doyan tapi jgn kukis,hehehe. Jadi dengan perbandingan edam dan cheddar yang 1: 1 ina rasa udah cukup tapi kalau suka keju bisa ditambah parmesan, gouda dll ya. Resep ina intip dari blognya Mbak Ike Hermawan dan Alhamdulillah yang pesan pada suka. Bisa juga ditambahkan sedikit gula bubuk di dalam adonannya biar gak terlalu ngeju. Mendapatkan keju edam di tbk bukan perkara mudah untuk ina, kalau di Jawa hamper sepanjang tahun jualan Edam tapi di Medan gak, ini juga baru ada di minggu kedua bulan Ramadhan dan harganya sangat mengoyak dompet,hiksss.


Ini resepnya ya, udah ina modif dikitttt. Untuk kukis terutama kukis cetak gini ina lebih suka menggunakan mentega dan margarine dingin jadi waktu digiling adonannya tidak terlalu lembek. Oke ini resepnya ya


KAASTENGELS

Bahan:
100 gr mentega dingin
200 gr margarin dingin
(untuk perbandingan sesuai selera ya, bisa 1:1 atau 2:1 dengan mentega lebih banyak)

350 gr terigu 
50 gr maizena
2 sdm susu bubuk full cream
(ayak)

75 gr keju cheddar, parut
75 gr keju edam, parut

Kuning telur untuk olesan
Keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat:
1. Kocok butter dan margarin sebentar saja hingga lembut.
2. Masukkan keju, aduk rata, masukkan terigu, aduk rata.
3. Ambil sedikit adonan, giling dengan rolling pin setebal 5 mm
4. Cetak sesuai selera, poles kuning telur lalu taburi keju
5. Panggang dengan api kecil 120'C sampai matang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar