expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Minggu, 02 Maret 2014

OBSESI LABU KUNING #7 : CHURROS LABU KUNING

widget


Di resep tertulis SUS GORENG LABU KUNING. Hmmm, sus goreng itu churros kan ya? *maksa :p. Churros adalah makanan ringan (snack) masyarakat Spanyol yang kadang dianggap sebagai Donat mereka. Juga populer di Amerika Latin, Perancis, Portugal dan di Amerika, serta di kepulauan Karibia yang masyarakatnya berbahasa Spanyol. Snack ini diberi nama Churro karena bentuknya yang menyerupai tanduk Churro yaitu hewan sejenis biri-biri padang rumput Spanyol. Di negara asalnya, churros sering disantap sebagai menu sarapan.


Pertama kali tau churros itu pas di acaranya Edwin Lau yang pernah tayang di Metro TV beberapa tahun lalu, karena makannya ditaburi gula & kayu manis ina gak terlalu tertarik :p. Dan beberapa bulan ini si churros wara-wiri di wall ina, bermula dari Mbak Ricke dan menyebar ke teman2 yang lain,hehehe. Yahhh dan seperti biasa ina juga kena virus churrosnya :p. Pas buka-buka tabloid nyari resep utk potluck latbar,pas dapat resep ini, karena memnag dari kemarin-kemarin rencanya mau bikin churros dengan tambahan labu kuning. Passss bgt krn ina males ngutak-ngatik resep churros yang udh ina pilih :p. Bikinnya sama kayak bikin adonan sus, bedanya klo sus dipanggang, churros ini digoreng. Dan ternyata, ina gak terlalu suka dengan churros ini n_n. Enak siy tapi gak luar biasa,lebih enak kulit sus deh,hehehe. Karena pake telur utuh,pas digoreng minyaknya berbusa dan gak tau salahnya dimana churrosnya bergelembung2 udara,jadi bentuknya gak cantik,gak semulus yang di fotonya, dan agak sedikit bau amis. Kalau ada yg mau nyoba silakan ditambah vanili atau vanilla susu dikit ya. Gorengnya pake api kecil aja ya, biar luarnya garing, warnanya bagus dan dalamnya udah mateng tapi lembut, jangan kayak ina yg gak sabaran ini, nyepuitnya gendut2, apinya sedang ehhhh dalamnya masih mentah tapi bagian luarnya udah gocong L. Churrosnya cuma polos gini aja, males ngetim coklat, males juga nabur2in gula + kayu manis (intinya malassss :p). 
Prittttt.. Setelah dingin churros ini tidak serenyah ketika panas & mungkin karena api yg ina gunakan api kecil (adonan awal ina goreng dengan api sedang,belakangan ina gunakan api kecil) jadi churrosnya berminyakkkkk bgt,huhuhu. Sebelum dimakan harus dilap tisu dulu,hehehe..Ini resepnya ya






CHURROS LABU KUNING
By : Sajian Sedap, modified by Ina

Bahan :
150 ml air
2 sdt gula pasir
¼ sdt garam
50 gr margarine/butter

150 gr terigu protein sedang

100 gr puree labu kuning

2 butir telur, kocok lepas

Cara membuat :
1.      Rebus air, gula pasir, garam dan margarine hingga mendidih
2.      Masukkan terigu, aduk hingga kalis. Matikan api
3.      Masukkan puree labu, aduk rata. Dinginkan
4.      Tambahkan telur, kocok rata
5.      Masukkan adonan ke dalam piping bag, semprot dengan spuit bintang besar ke dalam minyak
6.      Goreng hingga matang
7.      Angkat
8.      Sajikan dengan chocolate sauce atau taburi dengan gula kastor yang sudah ditambahkan kayu manis bubuk




Tidak ada komentar:

Posting Komentar