expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Jumat, 11 April 2014

LBT#31 BAKPIA : BAKPIA KETAN HITAM

widget



123 – MOULINA FAJRIN ISRA

Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Istilah bakpia sendiri adalah berasal dari dialek Hokkian (Hanzi: 肉餅), yaitu dari kata "bak" yang berarti daging dan "pia" yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging. Di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa legit ini dikenal dengan nama pia atau kue pia. Bakpia termasuk salah satu masakan yang populer dari keluarga Cina atau Tionghoa.

Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathok (Pathuk), Yogyakarta. Mengingat masyarakat Jogja cukup banyak yang beragama Islam, pada perkembangannya, isi bakpia yang semula daging babi pun diubah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa dari bakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam.

Untuk peer kali ini ina membuat kulit luar bakpia dengan tepung ketan hitam. Ceritanya lagi ngurangin penggunaan gluten,mau sok hidup sehat gitu. Tapi makan bersantan2,berlemak2 siy tetap jalan *halahhhh. Kebetulan masih ada stok tepung ketan hitam di kulkas ya udah ina eksekusilah resep dari blognya Mbak Isna. Lumayan banyak kegaduhan waktu bikin bakpia ini. Dimulai dari panci yang nyaris gosong pas masak isiannya,hihihi. Haduhhh,dapur jadi bau hangus deh. Giniiii klo kerja disambi dengan kerjaan lain. Jadi isian yang lagi ina masak di kompor,ina tinggal nyuci,dan terciumlah aroma iru,hehehe. Tapi Alhamdulillah isiannya gak ikutan gasong,cuma sebagian gulanya aja yang menghitam :p. Ohyaaa,isiannya koq gak bisa halus ya? Masih ada gerindil2 gitu n_n. Pas udah direndam, kacang hijau langsung ina kukus tanpa disortir,mungkin gara2 itu kali ya,heeee *pemalassss

Trus pas bikin kulit dalam, plek ketiplek ngikutin resep tapi koq adonannya gak nyatu ya. Usut punya usut akhirnya ina buka resep aslinya punya Mbak Didi,dan ahaaaa ada satu bahan yang Mbak Isna salah ketik,yang seharusnya ½ sdm margarine tertulis ½ sdm tepung terigu. Saran aja,kalau nyontel resep dari suatu sumber jangan lupa baca komentar2 di bawah,karena biasanya banyak info yang didapat di info2 itu. Seperti membuat kulit luar, air gula disiram ketika sudah dingin ehhhh ina panas2 udah ina masukkan ke campuran tepung L. Trus gulanya juga ina kuragin yang ada malah kulitnya jadi hambar,hahahaha. Ohya,karena ina menggunakan gluten free flour, kulitnya jadi terburai ketika ditipiskan untuk yang kedua kalinya. Hmmmm,jadi teringat dengan kasus kue bawang gluten free itu. Overall rasanya enak,isiannya udah pas manisnya cuma kulitnya harus ditambahin gulanya dikit lagi. 

Bentuk bakpianya juga gak jelas,dimana2 bentuknya bulat lahhh ini petak,hahahaha.





BAKPIA KETAN HITAM
By : Diah Didi, modified by Ina


Bahan isi/Kumbu kacang hijau 
125 gr kacang hijau kupas, rendam selama 1 jam) 
75 gr gula putih
1/8 garam 
50 ml susu cair
1 lembar daun pandan 

Cara membuat :
Kacang hijau yang sudah di rendam dibersihkan, kukus selama 30 menit sampai matang dan empuk, haluskan. Setelah dihaluskan campur dengan gula, susu cair, garam dan daun pandan. Aduk rata. Masak dengan api sedang biakan sampai adonan kering dan susu sudah terserap.  Angkat, biarkan dingin,

Bahan Lapisan

Kulit I :
125 gr tepung ketan hitam 
65 gr tepung terigu protein tinggi 
1,5 sdm gula pasir 
100 ml air 
1/2 sdt garam
200 ml minyak sayur (50 ml tuk campuran adonan, sisanya tuk merendam adonan) 

Kulit II :
65 gr tepung terigu protein sedang (all porpuse) 
25 ml minyak goreng 
1/2 sdm margarine
(ina buat 2 resep)

Cara membuat :
Kulit II : campur semua bahan, aduk rata dan sisihkan. 

Kulit I : Panaskan air, masukan gula, aduk sampai gula larut. Angkat dan dinginkan. Campur kedua tepung dan garam, masukkan air gula aduk sampai kalis dan tercampur rata. Tuang minyak sayur sedikit demi sedikit sebanyak 50ml, uleni hingga adonan kalis. 

Timbang adonan kurang lebih 15-20 gram atau ukuran disesuaikan selera masing-masing.

Tipiskan adonan kulit I

Ambil adonan kulit II lalu ratakan di atas permukaan kulit I secara merata.

Lipat seperti amplop.

Satukan ujung-ujungnya ditengah.

Bulatkan adonan kulit.

Rendam bulatan adonan dalam sisa minyak, diamkan selama 15 menit. Adonan jangan terlalu lama berendam, karena nanti hasil kulitnya menjadi terlalu renyah.

Pipihkan adonan.

Beri isian kacang hijau ditengahnya.

Bentuk menjadi bulat pipih.

Susun di loyang tanpa diolesi margarine

Panggang dengan suhu 180ºC selama 10-15 menit sambil dibolak-balik sampai kedua sisinya matang dan berwarna kecoklatan. Bisa juga di panggang menggunakan wajan anti lengket atau teflon dengan api kecil.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar