expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

NYAK INA KITCHEN

NYAK INA KITCHEN

Kamis, 13 Februari 2014

MINYAK AYAM

widget


Jadi waktu bikin mie pertama kali, papanya si kembar bilang coba klo adek bikin minyak ayam. Klo kita makan mie di luaran kan ada tu minyak yang dituang di atas mie nya,kayaknya itu deh yang bikin rasa mie nya enak. Dan hari ini ina mencoba membuat minyak ayam dari resepnya Mbak Yunita Amaliawati. Hmmmm, aromanya enak deh. Tadi pas udah matang & dingin sempat ina icip2 dikit,rasanyaaa enak. Kulit ayam yang dipake untuk minyak ayamnya juga enak,padahal bumbunya minimalis bgt. Makasi Mbak Yun. Ini resepnya ya yang full version (ina bikin ½ resep aja)


MINYAK AYAM

Bahan:
500 ml Minyak sayur bening
180 grm lemak/kulit ayam
8 siung Bawang putih, dimemarkan agak halus yaaa!!
1 ruas jari Jahe
1 sdt Lada utuh, dimemarkan
1 sdt Ketumbar utuh, dimemarkan

Alternatif: lada dan ketumbar bisa diganti dengan kemiri. Gunakan biji yang masih segar, yang akan berbau harum saat dimasak. Tidak bisa diganti dengan lada/ ketumbar bubuk karena yang berbentuk bubuk sudah tidak mengeluarkan minyak.

Cara membuat:

1) Tumis bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum, lalu masukkan lemak/ kulit ayam. Tumis terus dengan api kecil hingga keluar minyak agak banyak.
 2) Masukkan sisa minyak dan semua bahan lain. Masak hingga 15 menit dengan api kecil.






3) Gunakan untuk menumis/ membuat mie pangsit. Sisa minyak didinginkan, disaring, lalu disimpan di wadah yang bersih, kering dan tertutup.
4) Jangan mengoplos minyak ayam yang sudah jadi dengan minyak sayur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar